- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Sehari setelah berbagai elemen yang tergabung dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Purworejo melakukan penyemprotan cairan disinfektan di sejumlah titik ruas jalan utama di Purworejo pada, Rabu (25/3) kemarin, kali ini Dinas Kesehatan Purworejo diterjunkan melakukan penyemprotan desinfektan di dua pondok pesantren terbesar di Purworejo. Hal itu dilakukan untuk memutus rantai penyebaran virus corona (Covid-19) di tempat yang banyak menampung basis masa.

Dua pondok pesantren tersebut adalah Pondok Pesantren An-Nawawi yang terletak di Dusun Berjan Desa Gintungan Kecamatan Gebang dan Pondok Pesantren Al-Iman Bulus Purworejo. Proses penyemprotan tersebut dilakukan disemua penjuru tempat yang kerap ada aktivitas manusia.

“Para petugas tadi kita arahkan untuk menyeterilkan semua unit yang ada dari kamar-kamar pondok, Sekolahan dari MTS, MA, Kantor, kamar mandi, lorong-lorong dan Kampus juga,” kata Hamid Nur Kepala Pondok Pesantren An-nawawi usai kegiatan pada Kamis (26/3).

Ia mengatakan selain Personil dari Dinkes Kabupaten Purworejo penyemprotan juga dibantu oleh Babinsa Koramil Kecamatan Gebang, Polsek Gebang, Puskesmas Kecamatan Gebang dan para santri. Pondok yang mempunyai santri sekitar 3000 orang tersebut menurutnya perlu dilakukan sterilisasi karena menjadi pusat aktifitas para santri untuk belajar.

“Kita berharap dengan adanya sterilisasi dapat mencegah virus Corona dan virus-virus yang lain tidak masuk ke pesantren, ini sebagai ikhtiar kita, kemarin dari pengasuh para santri juga sudah dianjurkan untuk membaca doa tolak bala,” katanya.

Upaya lainnya, pondok pesantren juga meniadakan belajar mengajar tatap muka para santri, mulai dari tanggal 30 Maret hingga 2 Juni 2020. Hal tersebut juga sebagai upaya pondok pesantren mendukung pemerintah dalam pengendalian wabah virus corona yang melanda Indonesia.

Triyo Darmaji, Kasi Penanggulangan  Penyakit Dinkes Purworejo yang turun langsung kelapangan juga melakukan penyemprotan di pondok pesantren Al-Iman bulus yang juga banyak para santri yang belajar di pesantren tersebut.

“Dengan mewabahnya virus Corona atau Covid-19 ini, sehingga Kabupaten Purworejo mengadakan antisipasi penyemprotan desinfektan ditempat-tempat umum, selain itu juga melakukan sosialisasi terhadap pihak-pihak yang terkait,” jelasnya. (dnl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here