- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Partai Demokrat berkemungkinan besar untuk memperoleh tujuh kursi DPRD Purworejo dari hasil rekapitulasi Pemilu serentak tahun 2024. Hal itu membuat partai berlambang bintang mercy tersebut bertahan pada unsur pimpinan di gedung wakil rakyat.

“Belum ada penetapan dari KPU tapi sesuai data hasil rekapitulasi Pemilu Partai Demokrat berpotensi memperoleh tujuh kursi. Kita ada penambahan satu kursi dari semula yang hanya punya enam kursi di DPRD Purworejo,” kata Ketua Badan Pembinaan Organisasi Keanggotaan dan Kader DPC Partai Demokrat Kabupaten Purworejo, Purwanto, Jumat (8/3/2024).

Dia menyebut ada lima orang incumbent dari Demokrat yang kembali terpilih pada pemilihan anggota legislatif tahun ini. Dua orang lainya merupakan wajah baru yang terpilih di daerah pemilihan atau Dapil IV.

“Kami bersyukur dan tentu berterimakasih kepada rakyat Purworejo karena masih terus memberikan kepercayaan kepada partai Demokrat,” katanya.

Ia mengutarakan bahwa pertarungan politik pada Pemilu serentak 2024 cukup berat bahkan lebih sulit dibanding Pemilu serentak 2019. Biaya politik di Pemilu kali ini dinilai cukup tinggi disisi lain cukup banyak pendatang baru dengan semangat yang berapi-api.

ads

“Banyak pendatang baru dan rata-rata mereka adalah politisi muda dengan semangat luar biasa. Mereka hebat-hebat,” katanya.

Kendati demikian pada Pemilu tahun ini Demokrat berhasil meraup dukungan hingga 63.475 suara untuk DPRD Purworejo. Jumlah dukungan untuk partai besutan Susilo Bambang Yudoyono ini disebut meningkat dibanding Pemilu 2019 yang hanya berada pada kisaran 54 ribu.

Purwanto mengutarakan perolehan kursi dan suara Demokrat pada Pemilu ini merata di setiap Dapil. Perolehan dukungan paling dominan terjadi di Dapil I serta Dapil IV.

Pada Dapil I Demokrat memperoleh 13.097 suara dan berpeluang mendapat dua kursi di DPRD. Begitu pula di Dapil IV yang memperoleh dukungan sebanyak 15.081 suara.

Dari 17 Parpol yang bertarung di Purworejo pada Pemilu tahun ini, Demokrat berhasil masuk pada urutan ketiga dengan perolehan suara paling banyak. Perolehan suara tertinggi masih dipegang oleh PDI Perjuangan disusul Partai Golkar.

“Ini merupakan perjuangan seluruh kader. Teman-teman sudah bekerja maksimal siang malam hingga Demokrat memperoleh tujuh kursi di DPRD Purworejo pada Pemilu ini,” katanya menambahkan.

Ditanya siapa yang nanti akan ditunjuk untuk menduduki jabatan wakil ketua DPRD Purworejo dari Partai Demokrat, Purwanto mengatakan bahwa untuk saat ini partainya belum membahas hal itu, mengingat belum ada penetapan resmi dari KPU tentang Caleg yang lolos dan berhak atas kursi di DPRD.

“Yang jelas itu nanti menjadi kewenangan jajaran pengurus partai Demokrat. Sejauh ini belum ada pembicaraan kearah itu karena kita masih menunggu penetapan serta pengumuman resmi KPU,” pungkasnya.(dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!