- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Pameran buku bertajuk “Temukan Keajaiban dalam Membaca” digelar oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dinpusip) Kabupaten Purworejo di halaman Gedung Pelayanan Perpustakaan Umum Daerah di Kutoarjo selama sepekan, sejak tanggal 14 hingga 21 November 2023 mendatang. Selain untuk memperingati Gerakan Nasional Membaca, pameran yang juga menyuguhkan bergam produk UMKM tersebut mengajak para pengunjung untuk mengeksplorasi dunia literasi dan menemukan inspirasi baru untuk mengembangkan minat baca.

Pameran secara simbolis dibuka oleh Plt Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH, pada Selasa (14/11) pagi. Hadir antara lain Direktur PDAM Purworejo Hermawan Wahyu Utomo, Kepala Dindikbud Wasit Diono SSos, Kepala Dinas KUKMP Gathot Suprapto SH, Ketua Komisi 1 DPRD Purworejo, Luhur Tri Endro Sadewo, beserta beberapa anggota, dan perwakilan perangkat daerah terkait.

Kepala Dinpusip Purworejo, Eni Sudiati MM, dalam laporannya menyampaikan bahwa Pameran Buku dan UMKM dihelat untuk menumbuhkan minat baca masyarakat dan mengenalkan Perpusda kepada masyarakat sekaligus ajang promosi. Selain pameran buku, ada juga ekspo 15 stan UMKM yang menyediakan berbagai produk seperti batik, kaligrafi, serta kuliner. Pameran dibuka mulai pukul 09.00 hingga 21.00 selama sepekan diisi berbagai kegiatan. Beberapa di antaranya yakni lomba mewarnai tingkat PAUD dan TK, lomba menggambar tingkat SD, lomba film pendek, serta pelatihan dan seminar.

“Selain itu juga diberikan penghargaan bagi pengunjung yang paling rajin berkunjung ke perpustakaan selama pameran berlangsung,” kata Eni.

ads

Dalam kesempatan tersebut Plt Bupati mendonasikan buku untuk perpustakaan umum. Tamu undangan juga meninjau stan buku serta UMKM yang berada di sekitar halaman kantor perpustakaan.

Yuli Hastuti dalam sambutannya mengungkapkan, tema pameran buku yakni Temukan Keajaiban dalam Membaca, memang bukan sesuatu yang berlebihan. Apalagi mengada-ada. Pasalnya, kehadiran pameran buku ini bukan hanya sebuah acara biasa, melainkan sebuah sarana untuk meningkatkan minat baca dan pengetahuan masyarakat.

“Melalui pameran buku ini, kita berharap masyarakat dapat mengeksplorasi dunia literasi dengan lebih mendalam dan menemukan inspirasi baru untuk mengembangkan minat baca,” ungkapnya.

Menurutnya, Perpustakaan Umum Kabupaten Purworejo saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat dan terus memperbaiki diri untuk mewujudkan layanan perpustakaan yang semakin baik kepada masyarakat. Salah satunya yang sangat membanggakan dengan telah dibangunnya gedung layanan perpustakaan yang diresmikan oleh Kepala Perpustakaan Republik Indonesia beberapa waktu lalu.

“Sejak diresmikan gedung layanan perpustakaan, animo masyarakat berkunjung ke perpustakaan meningkat drastis,” terangnya.

Lebih lanjut pihaknya berharap agar pameran buku ini dapat menjadi wahana yang baik untuk berbagi pengetahuan dan memperkaya khasanah masyarakat.

“Mari kita nikmati setiap momen di pameran ini. Semoga pengalaman ini dapat memotivasi kita semua untuk terus menjadikan literasi sebagai bagian tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari,” tandasnya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!