- iklan atas berita -

Metro Times (Semarang) Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Jawa Tengah menggelar Musyawarah Daerah (Musda) XV, Senin-Selasa (8-9) di The Sunan Hotel Sberhimpunanhelatan tiga tahunan itu, muncul tiga bakal calon (Balon) ketua yang turut meramaikan bursa pemilihan ketua.
“Pada kesempatan kali ini kita sudah membuka pendaftaran bakal calon. Dan saat ini yang sidah mendaftar ada 3,” kata Ketua Sterring Comitte (SC) Musda KNPI Jawa Tengah, Lukman Hakim dalam jumpa pers di Normans Hotel, Kota Semarang, Sabtu (6/8) petang.

Aktivis pemuda Muhammadiyah yang juga Sekretaris Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) Jawa Tengah itu membeberkan ketiga bakal calon yang sudah mendaftar. Pertama adalah Mas Erzal Aburizal (Ketua DPD KNPI Kabupaten Tegal), yang kedua adalah Mbak Chasyta Arini Katmandu (Wakil Ketua DPD KNPI Jawa Tengah/Anggota DPD RI Utusan Jawa Tengah) dan yang ketiga adalah Mas Abdul Khamid atau yang akrab disapa Mas Amex (Sekretaris DPD KNPI Jawa Tengah/Ketua Komisi E DPRD Jawa Tengah. “Untuk syarat calon ketua sebagaimana AD/ART, usia maksimal 40 tahun 11 bulan 29 hari. Jadi kalau sudah melewati itu tidak bisa ,” ucapnya

Meski telah ada 3 balon, Lukman menyatakan pendaftaran akan ditutup pada Minggu (7/8) jam 17.00 atau jam 5 sore dengan toleransi keterlambatan dengan alasan tertentu yang rasional. Sebagai informasi, DPD KNPI Jawa Tengah telah menggelar rapat pimpinan paripurna daerah (Rapimpurda) dan Silaturrahim Calon Ketua DPD KNPI Jawa Tengah di hotel Normans terlebih dahulu. Selang sehari, Musda bakal digelar di The Sunan Hotel Solo. Rapimpurda merupakan istilah baru untuk menggantikan rapat pimpinan daerah (Rapimda).

Dijelaskan lebih lanjut oleh Lukman, persyaratan untuk maju sebagai Balon organisasi tempat berhimpunnya berbagai organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP). Yakni, berdasarkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) KNPI terbaru yang menurutnya terdapat perbedaan sangat signifikan dengan sebelumnya, “Kalau dulu syarat dukungan bakal calon itu mendaftar minimal 3 DPD dan 6 OKP, sementara yang baru ini adalah 1 DPD dan 10 OKP,” bebernya.

Namun, lanjutnya, organisasi tersebut harus sudah menjadi peserta (Peserta penuh), bukan peninjau (Peserta peninjau), yaitu OKP nasional yang menjadi peserta Kongres secara otomatis menjadi peserta dalam Musda, meskipun di daerah belum pernah jadi peserta.

ads

Terkait munculnya tiga balon tersebut, Sekretaris SC Musda XV KNPI Jateng, Fathurrahman menegaskan hal tersebut sebagai bukti keberhasilan KNPI dalam melakukan kaderisasi kepemimpinan, “Yang jelas dari ketiga calon ini semua adalah kader-kader terbaik yang dimiliki DPD KNPI Jawa Tengah. Mereka selama ini telah berkontribusi untuk kepemudaan di Jawa Tengah dan kedepan punya komitmen untuk lebih memajukan kepemudaan Jawa Tengah, lewat KNPI Jawa Tengah yang merupakan wadah berhimpunan OKP,” pungkasnya. (af)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!