- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Hujan deras disertai petir dan angin kencang selama kurang lebih dua jam yang terjadi di wilayah Kabupaten Purworejo pada Rabu (3/1/2024) Sore mengakibatkan pohon-pohon tumbang dan menimpa sejumlah rumah serta menutup akses jalan di daerah ini.

Kepala Pelaksana BPBD Purworejo, Haryono saat dikonfirmasi Metrotimes menyebut, cuaca ekstrem ini cukup merata di kabupaten ini. Sesuai laporan yang masuk ke kami ada belasan lokasi yang mengalami dampak dari hujan dan angin kencang tersebut. Belum seluruh peristiwa terhimpun dan memungkinan masih akan ada tambahan.

Dia menyebutkan dari belasan titik kejadian, ada tujuh lokasi yang sudah berhasil ditangani. Tim bergerak sejak pukul 16:00 WIB hingga malam hari dan pembukaan akses jalan menjadi prioritas penanganan.

Haryono merinci di Kelurahan Sucen Kecamatan Purworejo, terdapat dua lokasi kejadian, Bragolan dua titik, Banyuurip dua, Kutoarjo tiga, Butuh satu dan Desa Karangmulyo Kecamatan Purwodadi satu titik.

“Dari sekian kejadian, Desa Karangmulyo yang paling parah. Di situ pohon kelapa menimpa rumah warga Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, hanya kerugian materi,” kata Haryono Rabu (3/1/2024) malam.

ads

Dia menambahkan saat ini timnya masih melakukan identifikasi serta kajian atas bencana alam ini. Pihaknya belum memiliki data pasti terkait jumlah rumah yang mengalami kerusakam akibat tertimpa pohon.

“Tim masih bergerak, ada 16 personel BPBD yang turun melakukan penanganan. Kami juga melakukan kajian, kalau malam ini penanganan belum bisa dilakukan akan kami hentikan sementara dan dilanjutkan esok hari. Kami mempertimbangkan risiko keselamatan,” imbuhnya.

BPBD mengimbau warga saling bantu melakukan penanganan meskipun personel BPBD, Polri, TNI serta tim Trantib dari Kecamatan sudah datang ke lokasi. Selain itu, bagi warga yang memiliki pohon besar yang berdekatan dengan rumah segera dipotong.

Sementara itu, Kepala Seksi Trantib Kecamatan Purwodadi, Eddy Kucir saat dikonfirmasi Metrotimes menyebut hujan dan angin kencang yang terjadi pada Rabu sore tadi cukup merusak. Di wilayah Purwodadi terdapat 10 rumah yang tertimpa pohon dan tersebar di 4 lokasi, satu diantaranya pohon tumbang yang menimpa rumah warga atas nama Lasdiono di Desa Karangmulyo.

Dia mengungkapkan, di Desa Keduren ada empat kejadian berupa pohon menimpa rumah, Jenar kidul satu kejadian berupa pohon menimpa rumah. Selanjutnya di Desa Bragolan ada empat rumah tertimpa pohon, dan satu rumah di Desa Karangmulya tertimpa pohon kelapa.

“Kemungkinan masih ada lagi, karena di wilayah selatan belum ada laporan satu pun. Kami terus berkoordinasi dengan para kepala desa,” ungkap kucir pada Rabu (3/1/2024) malam.

Menurutnya Camat Purwodadi, Dwi Agung Nugraheni cukup memberi perhatian terhadap bencana yang menimpa warganya. Pasca kejadian hujan dan angin kencang sore tadi, Nugraheni pun turun langsung meninjau kondisi warga.

“Tadi TNI-Polri dari Polsek dan Koramil Purwodadi bersama BPBD langsung ke lokasi membantu warga yang terkena musibah,” kata Kucir. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!