- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Kirap Pemilu serentak tahun 2024 akan melintasi Kabupaten Purworejo selama sepekan penuh pada November 2023. Sebanyak 18 bendera partai akan diarak ke seluruh kecamatan di daerah ini.

Komisioner KPU Purworejo, Imam Turmudi mengatakan, Kirap Pemilu merupakan kegiatan nasional yang dikoordinir KPU RI. Kegiatan ini diluncurkan sejak 14 Februari 2023 dan puluhan daerah telah dilalui bendera kirap.

“Peluncuran dilakukan serentak di beberapa lokasi yakni kantor KPU RI, KPU Provinsi Aceh, KPU Kota Batam, KPU Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, KPU Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, KPU Provinsi Nusa Tenggara Timur serta KPU Provinsi Papua,” sebut Imam, Senin (2/10/2023).

Kirap Pemilu di Purworejo, lanjut Imam, akan berlangsung selama tujuh hari sejak 5 hingga 11 November 2023. Sebelum ke Purworejo bendera kirap telah melintasi sejumlah daerah seperti Wonogiri, Blora serta beberapa daerah lainya.

“Dalam Kirap ini, 18 bendera partai politik akan di arak dari daerah satu ke daerah yang lain. Pada 5 November nanti bendera akan diantar oleh Ketua dan Komisioner KPU Wonogiri dan diserahkan kepada Ketua dan Komisioner KPU Purworejo. Kegiatan penyambutan akan dilakukan di Pendopo Bupati,” sebut Turmudi lagi.

ads

Pada acara kirap di Pendopo, seluruh partai politik di daerah ini akan diundang. Pada hari pertama itu sekaligus akan dilaksanakan deklarasi Pemilu damai, bebas money politik dan ujaran kebencian.

Berikutnya pada hari kedua hingga 11 November, ujar Imam, bendera akan diarak ke seluruh kecamatan di Purworejo. Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) seluruh kecamatan dan pengurus parpol tingkat kecamatan akan terlibat dalam Kirap tersebut.

“Pada hari terakhir setelah seluruh kecamatan kita lalui, bendera kirap selanjutnya akan kami serahkan kepada ketua dan komisioner KPU Kabupaten Kebumen,” kata dia lagi.

Ia menjelaskan kegiatan Kirap merupakan salah satu upaya KPU untuk mengajak masyarakat menyemarakan pesta Demokrasi 2024. Melalui kegiatan KPU ingin partisipasi masyarakat terutama pemilih meningkat dari Pemilu sebelumnya

“KPU ingin memberitahukan masyarakat bahwa tidak lama lagi Pemilu serentak akan dilaksanakan. Kami mengajak masyarakat untuk berpartisipasi secara aktif. Kita sambut pesta demokrasi Pemilu serentak 2024,”pungkasnya.(dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!