MetroTimes¬† (Surabaya) — Setelah sebelumnya prajurit Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) yang berdinas di Bumimoro mendapat Sosialisasi BPJS Kesehatan Program JKN dan Pelayanan Kartu Indonesia Sehat (KIS), kini giliran Prajurit Komando Pendidikan Operasi Laut (Kodikopsla) Kodiklatal yang berlokasi di Ujung Surabaya mendapatkan Sosialisasi BPJS Kesehatan Program JKN dan KIS, Jumat, (14/1/2022).

Sosialisasi yang di laksanakan di Gedung Antares Sekolah Komunikasi (Sekom) Kodikopsla Ujung Surabaya tersebut disampaikan langsung Kepala Bidang KKP yaitu Wiedho Widiantoro. Tampak hadir dalam sosialisasi Kadeppers Kodikopsla Letkol Laut (KH) Suryono, S.Pd, Kasatkes Kodiklatal yang diwakili Mayor Laut (K) Nursanto, Amd, Kasubbagpers Pusdikpel dan Kasubbagpers Pusdiksus.

Kegiatan sosialisasi tersebut diikuti 350 Prajurit terdiri perwakilan Antap Kodikopsla 50 personel dan 300 prajurit siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) Angkatan XLI/1 yang saat ini sedang menempuh pendidikan di Sekolah Navigasi dan Bahari (Senavbah) dan Sekolah Komunikasi (Sekom) Pusdikpel Kodikopsla.

Acara diawali dengan Pembukaan, sambutan Kasatkes Kodiklatal yang diwakili Mayor Laut (K) Nursanto, Amd, sambutan Kadeppers Kodikopsla Kodikopsla Letkol Laut (KH) Suryono, S. Pd, paparan sosialisasi BPJS oleh Kepala Bidang KKP yaitu Wiedho Widiantoro, tanya jawab dan diakhiri penutup.

Dalam paparan pertama Kasatkes Kodiklatal yang diwakili Mayor Laut (K) Nursanto, Amd, menyampaikan fungsinya BPJS Program JKN dan KIS bagi prajurit mengingat Satkes Kodiklatal sebagai Fasilitas Kesehatan (Faskes) tingkat 1 bagi prajurit Kodiklatal.

Sementara itu Kadeppers Kodikopsla Kodikopsla Letkol Laut (KH) Suryono, S. Pd, menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini sangat mendesak dilakukan oleh Kodiklatal terkait dengan perubahan status siswa Dikmata Angkatan ke-XLI/1 dari masyarakat sipil biasa menjadi seorang prajurit. Hal tersebut mengakibatkan status dalam keanggotaan BPJS pun mengalami perubahan sesuai dengan statusnya sekarang, begitu juga keluarga prajurit antap yang mengalami penambahan jiwa juga memerlukan keanggotaan baru BPJS.

Sementara itu Kepala Bidang KKP yaitu Wiedho Widiantoro mengatakan seiring dengan perkembangan tehnologi keanggotaan BPJS juga bisa diakses melalui HP dengan mendownload Aplikasi JKN mobile. Dari aplikasi tersebut dijelaskan cara membayar iuran peserta baik peserta baru maupun lama berikut cara merubah data personel peserta. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini