METRO TIMES ( Ambon ) TNI Angkatan Laut. Untuk mewujudkan masyarakat sehat dan produktif, jajaran Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IX (Lantamal IX) Ambon gencar melaksanakan vaksinasi Covid-19 bersama pemerintah daerah dan instansi terkait lainnya. Kali ini, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Ambon menjadi sasaran vaksin keliling tenaga kesehatan dari Rumah Sakit TNI AL (Rumkital) dr. F. X. Suhardjo yang berlokasi di Jl. Laksdya Leo Wattimena, Passo, Baguala, kota Ambon. Jumat (01/04/2022)

Lembaga Pembinaan Khusus Anak yang selanjutnya disingkat LPKA adalah lembaga atau tempat anak menjalani masa pidananya. Hal ini ditegaskan pada Pasal 3 Peraturan Menteri Hukum & HAM No. 18 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Pembinaan Khusus Anak, LPKA mempunyai tugas melaksanakan pembinaan anak didik pemasyarakatan.

Di sela-sela jam dinasnya, personel dan pegawai LPKA kelas II Ambon secara bergantian melaksanakan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga yang dilaksanakan di ruang kelas lembaga tersebut. Selain itu juga, terdapat satu orang anak binaan dari LPKA Ambon yang melaksanakan vaksin dosis primer lengkap.

Sebelum menerima vaksin, para peserta didata terlebih dahulu, dilanjutkan dengan skrining tubuh untuk mengetahui kondisi fisik dan kesehatan peserta vaksin. Setelah dinyatakan memenuhi syarat untuk vaksin dan menerima suntikan vaksin Covid-19, peserta di observasi terlebih dahulu selama kurang lebih 30 menit sebagai tindakan pencegahan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

Komandan Lantamal IX (Danlantamal IX) Ambon Brigadir Jenderal TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T., menyampaikan bahwa Lantamal IX akan terus bekerja sama dengan seluruh stakeholder dan instansi terkait untuk melaksanakan serbuan vaksinasi dan akan terus mendukung program pemerintah dalam upaya penanganan pandemi Covid-19.

Gelar vaksinasi tersebut juga merupakan perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dalam rangka mempercepat vaksinasi di tanah air.

Dengan menargetkan 100 dosis peserta vaksin, 7 orang tim vaksinator Lantamal IX Ambon menyiapkan jenis vaksin AstraZeneca untuk suntikan dosis ketiga. Selain menyediakan suntikan dosis ketiga, pada gelaran vaksin keliling tersebut, tim medis dari Rumkital Ambon juga menyediakan jenis vaksin Sinovac guna antisipasi bagi peserta yang belum melaksanakan dosis pertama dan kedua.

Dalam kesempatannya di gelaran vaksin hari ini, Kepala LPKA Kelas II Ambon Catherian Viodolorin Picauly, S. Pak., M.H., juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim vaksinator Lantamal IX yang sudah melaksanakan vaksin ketiga di jajaran Lembaga Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI di Maluku dalam rangka Hari Bakti Pemasyarakatan ke-58 tahun 2022.

“Yang pasti, kami ingin sehat”, tambah beliau. Hingga berakhirnya gelar vaksin di LPKA berjalan dengan aman dan tertib serta tidak ditemukan adanya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi. (Dispen Lantamal IX)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini