- iklan atas berita -

METRO TIMES ( Ambon ) TNI Angkatan Laut. Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon. Lestarikan Budaya Asli Maluku, Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina M.M., M.T., M.Tr.Opsla hadiri Tradisi Baku Pukul Menyapu bertempat di Negeri Mamala dan Negeri Morella, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah pada Rabu. (17/04/24)

Tradisi Pukul Sapu atau Baku Pukul Manyapu adalah sebuah tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Desa Morella dan Desa Mamala, Kecamatan Leihitu, Maluku Tengah yang berlangsung pada tanggal 7 Syawal atau sekitar sepekan setelah Hari Raya Idul Fitri. Tradisi yang berlangsung sejak Abad ke-17 ini merupakan budaya leluhur yang bermakna untuk mengenang para pejuang di Maluku dalam melawan penjajah.

Selain sebagai momen untuk mengenang perjuangan para pejuang, tradisi ini juga merupakan ajang mempererat tali persaudaraan di Negeri Mamala dan Morella. Tradisi Baku Pukul Manyapu dilakukan oleh para pemuda yang dibagi dalam dua kelompok, yang mana dua kelompok dengan seragam yang berbeda ini akan saling menyerang atau baku pukul sapu satu sama lain.

Danlantamal IX yang hadir didampingi oleh Ketua Korcab IX Daerah Jalasenastri Armada III Ny. Widiya Said Latuconsina berkesempatan langsung untuk secara simbolis memukul perwakilan peserta selain itu beliau menyebutkan bahwa Tradisi Pukul Sapu adalah sebuah warisan budaya yang berharga sehingga harus terus dilestarikan keberlangsungannya, selain itu tradisi ini merupakan hal yang dapat menarik minat wisatawan untuk datang dan menyaksikan langsung prosesinya sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Pada kesempatan tersebut Danlantamal IX juga berpesan kepada seluruh generasi muda untuk dapat terus melestarikan kebudayaan asli daerah serta memaknai kegiatan ini sebagai momen memperkuat tali silaturahmi dan ajang mengenang perjuangan para pendahulu yang gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Negara Republik Indonesia. Danlantamal IX berharap dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan semangat nasionalisme dan rasa persaudaraan seluruh masyarakat Mamala dan Morella.

ads

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!