- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Jakarta) – Industri kosmetika dan kesehatan mengalami peningkatan yang positif 5% di tahun 2023 dan di prediksi mencapai 9% di tahun 2026. Trend yang berkembang di pasar dunia adalah penggunaan bahan-bahan baku yang natural yang dapat dipakai rutin setiap hari, tanpa kuatir dengan resiko penimbunan bahan kimiawi berbahaya untuk tubuh, hal ini dapat menjadi peluang bagi Indonesia yang kaya akan natural ingredients.

Krista Exhibitions berkolaborasi dengan Korea International Exhibitions & Convention Center (KINTEX) menyelenggarakan Indo Beauty Expo 2023 – Pameran Internasional ke-13 tentang Kosmetik, Perawatan Kulit, Produk Wewangian dan Rambut, Peralatan & Teknologi Pengemasan dan Korea Beauty Expo Indonesia / K-Beauty Expo Indonesia
2023 yang akan diselenggarakan pada tanggal 21- 23 September 2023 di Jakarta International Expo (JIEXPO), Kemayoran, Jakarta.

Pameran ini juga diselenggarakan
bersamaan dengan Indohealthcare Expo 2023 – Pameran Internasional ke-14 Peralatan Medis & Rumah Sakit, Farmasi, Produk & Layanan Kesehatan.

ads

Acara Konferensi Pers dibuka dengan kata sambutan dari Daud D Salim selaku Chief Executive Officer (CEO) Krista Exhibitions mengatakan, Pameran Indo Beauty Expo dan Indohealthcare Expo 2023 tahun ini diikuti oleh 200 perusahaan yang diantaranya 20 UMKM, ini menandakan kenaikan jumlah peserta sekitar 25% dari tahun lalu. Peserta pameran pun berasal dari berbagai negara, di antaranya China, India, Indonesia, Korea, Taiwan dan Thailand.

“Industri kesehatan dan kecantikan ini sangat penting saat ini, kebutuhan kosmetik dan personal care sudah meluas dan tak hanya digunakan oleh wanita, tetapi juga pria dan anak-anak maka tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya penggunaan kosmetik semakin tinggi hal ini mendorong teknologi pembuatan kosmetik semakin baik. Dengan adanya pameran ini juga menjadi ajang para pemain Industri terkait untuk dapat bertemu ( produsen, supplier, trading, importer dan exporter)” terang Daud D. Salim

Daud menambahkan, Indo Beauty Expo – K-Beauty Expo Indonesia & Indohealthcare Expo 2023 hadir sebagai platform terlengkap untuk menjawab permintaan pasar dalam negeri yang cukup besar. Pameran ini menargetkan 10.000 pengunjung akan hadir dalam 3 hari pameran
ini. Menampilkan berbagai kategori produk dan peralatan di bidang kecantikan dan kesehatan, yaitu perawatan kulit, make up, perawatan rambut, spa & wellness, Farmasi & kedokteran, berbagai mesin produksi & pengemasan produk dan estetika.

“Indo Beauty Expo – K-Beauty Expo Indonesia & Indohealthcare Expo 2023 juga membuka kesempatan bagi terciptanya berbagai peluang bisnis untuk seluruh peserta dan
pengunjung pameran. Selain dapat mempromosikan produk perusahaannya, peserta dapat
bertemu secara B2B untuk berbisnis dan mencari solusi untuk kebutuhan bisnis bersama,” imbuhnya.

Sementara Hermin Esti Setyowati, Asisten Deputi Sumber Daya Manusia Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenko Merves) menyampaikan, Indonesia memiliki potensi pasar yang besar dalam industri kecantikan. Minat masyarakat dalam produk kosmetik ini harus diimbangi dengan kesiapan dari sisi penyediaan.

Lebih lanjut Esti menuturkan, Pada bulan Mei 2020 pemerintah Indonesia mengambil langkah signifikan dengan meluncurkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Sampai sekarang kami masih tetap lakukan di seluruh Indonesia. Di setiap provinsi kita lakukan setiap bulan.

“Jadi inisiatif ini menggarisbawahi komitmen pemerintah untuk promosikan dan mendukung produk-produk lokal. Jadi produk kosmetik menjadi kategori izin edar terbanyak di Indonesia dalam 5 tahun terakhir yaini sejumlah 411.410 produk,” jelasnya.

“Kita yakin kualitas dan potensi produk kosmetik Indonesia di pasar global. Merek – merek kecantikan kita berkembang pesat yang menghasilkan produk-produk yang memenuhi beragam kebutuhan dan preferensi,” ujarnya

“Kami harapkan acara Indo Beauty Expo – K-Beauty Expo Indonesia & Indohealthcare Expo 2023 akan memberikan platform bagi pelaku usaha di bidang kecantikan, termasuk UMKM dan juga memamerkan produk lokal dengan kualitas yang tidak kalah dengan produk import. Juga memajukan kolaborasi dan juga mendorong pertumbuhan industri kecantikan nasional,” paparnya.

“Mari kita terus mendukung kebanggaan dan menggunakan merek-merek kecantikan lokal kita,” ajak Esti.

Demikian juga Drs. Vinsensius Jemadu, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI mengatakan, Kemenparekraf sangat mengapresiasi pameran ini, karena pameran ini akan mempertemukan pelaku bisnis kecantikan dan kesehatan. Dan ini sudah memasuki tahun ke 13 kalinya, artinya pameran ini mendapat apresiasi dari masyarakat, mendapat legitimasi, mendapat afirmasi dari masyarakat, dan para pelaku usaha.

Menurut Vinsensius, Kegiatan seperti ini sangat diperlukan untuk membangkitkan ekonomi Indonesia, apalagi kita baru keluar dari Covid. Serta menumbuhkan industri kecantikan dan kesehatan lokal.

“Saya yakin Indo Beauty Expo – K-Beauty Expo Indonesia & Indohealthcare Expo 2023 menjadi wadah berkembangnya merek-merek lokal, dan banyak produk kecantikan lokal yang melesat naik,” tutupnya.

Selama tiga hari penuh berbagai acara menarik siap menambah wawasan dan pengetahuan pengunjung terutama untuk Gen Z, generasi konsumen yang tumbuh dengan kesadaran tinggi mengenai dampak lingkungan dan praktik berkelanjutan atau menghendaki produk-produk yang ramah lingkungan maka Industri kosmetik di Indonesia dituntut untuk terus berinovasi sejalan dengan trend ini.

Kesuksesan pameran ini tidak lepas dari dukungan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kementerian
Perindustrian serta beberapa asosiasi seperti Perhimpunan Perusahaan dan Asosiasi Kosmetik (PPAK) Indonesia, Asosiasi Perusahaan Kosmetik Impor Indonesia (APKII), Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO), Gabungan Pengusaha Jamu dan Obat Tradisional Indonesia (GP Jamu), Gabungan Alat Kesehatan dan Laboratorium
(GAKESLAB), Asosiasi Produsen Alat Kesehatan Indonesia (ASPAKI), Gabungan Pengusaha Farmasi (GP Farmasi), dan Pharma Materials Management Club (PMMC).

Indo Beauty Expo – K-Beauty Expo Indonesia & Indohealthcare Expo 2023 terbuka bagi para pelaku bisnis dan masyarakat umum. Pameran dibuka dari hari Kamis –
Sabtu mulai dari Pukul 10.00 WIB hingga Pukul 19.00 WIB. Para penguniung tidak diperkenakan untuk memakai sandal jepit, serta anak berusia di bawah 14 tahun tidak diperkenankan untuk masuk ke area pameran. Para pengunjung dapat melakukan registrasi pada link website : https://register.kristaonline.com/visitor/indobeautyexpo atau
https://register.kristaonline.com/visitor/indohealthcareexpo atau secara langsung di lokasi pameran dengan membawa undangan yang telah dikirimkan oleh pihak Krista Exhibitons.

(nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!