- iklan atas berita -

 

Metro Times (Surabaya) – Gubenur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, bersama Kapolda Jatim, Irjen Pol Fadil Imran dan Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Widodo mengunjungi Kampung Tangguh di Kedung Baruk Kecamatan Rungkut Surabaya, Selasa (19/5/2020) malam.

Peninjauan kampung ini, menurut Gubernur untuk melihat penerapan protokol kesehatan warga di kawasan berisiko tinggi, mengingat dilokasi ini bukan hanya ada Orang Tanpa Gejala (OTG) tetapi masuk kategori reaktif.

“Di kawasan ini ada 115 orang yang hasil rapid testnya reaktif dan ada 21 orang yang diisolasi, karena itu test swap harus segera dilakukan,” tegas gubernur.

Untuk saat ini, menurut Gubernur isolasi dinomor duakan, yang utama adalah perwatan di rumah sakit. “Kami telah menyiapkan rumah sakit darurat, jika hasil swap warga klaster sampoerna ini positif makan akan dirawat di rumah sakit darurat,” jelasnya.

ads

Agar warga Kedung Baruk terbantu, Gugus Tugas Covid-19 Jatim menirimkan bantuan telur 200 kilo, beras 1 ton, 1000 masker, vitamin, dan 200 dus mie instan.

Sementara Kapolda Jatim, Irjen Pol Fadil Imran menambahkan, diseluruh Surabaya nantinya akan dibuat 107 kampung tangguh. “Bersama Kodam kita akan buat kampung tangguh di seluruh Jawa Timur, jadi jika ada pasien positif dan PDP Covid-19 maka akan kita buat kampung tangguh di sana,” ungkapnya.

Menurut Kapolda pembentukan kampung ini untuk menggerakkan warga agar membuat gugus tugas ditingkat desa, sehingga bisa melakukan penanganan penularannya, dan ada yang menangani dampak sosialnya.

Sementara protokol kesehatan yang diterapkan di Kampung Tangguh Kedung Baruk tersebut, yakni pemeriksaan suhu tubuh dan penyemprotan disinfektan di akses keluar/masuk kampung.

Selain itu, penyekatan di akses keluar/masuk kmpung dengan sistem buku mutasi. Dan pemasangan infrastruktur cuci tangan di depan setiap rumah. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!