- iklan atas berita -

 

 

Metro Times (Surabaya) – Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Dedy Yulianto secara resmi membuka Pendidikan Pertama Perwira Prajurit Karier (Dikmapa PK) TNI Angkatan Laut Angkatan ke-26 Ta 2019 Khusus Tenaga Kesehatan yang dilaksanakan di gedung Betelgeuse Pusat Pendidikan Lanjutan Perwira (Pusdiklapa) Kesatrian Bumimoro Kodiklatal Surabaya.

Pembukaan pendidikan tersebut diikuti 50 siswa Dikmapa yang sebelumnya telah menyelesaikan pendidikan dasar keprajuritan di Akmil Magelang Jawa Tengah. Dari 50 Perwira Siswa tersebut mayoritas terdiri Korps Kesehatan yaitu 46 orang sedangkan sisanya korps Khusus 3 orang dan korps Suplay 1 orang.

ads

Komandan Kodiklatal Laksda TNI Dedy Yulianto dalam sambutanya menyampaikan ucapkan selamat atas pelantikan para siswa menjadi perwira pertama TNI AL dengan pangkat letnan dua, sekaligus selamat datang di korps perwira TNI AL. Komandan Kodiklatal berharap, pendidikan dasar keprajuritan dan dasar golongan selama lima bulan yang dilaksanakan di Akmil Magelang, mampu mengubah pribadi yang berasal dari masyarakat umum menjadi perwira TNI Angkatan Laut yang memiliki sikap mental dan kepribadian, pengetahuan dan keterampilan serta kesamaptaan jasmani sebagai seorang perwira yang andal dan cakap untuk melanjutkan pendidikan ke tahap berikutnya secara profesional di bidang kesehatan.

Lebih lanjut disampaikan pendidikan Dikmapa PK TNI AL angkatan ke-26 Ta 2019, pendidikan secara keseluruhan akan dilaksanakan selama 5,5 bulan, terbagi dalam dua tahap. Pertama, para perwira siswa akan mengikuti pendidikan tahap lanjutan gabungan(kematraan) di sekolah fungsi Pusdiklapa selama 1,5 bulan. Setelah itu, dilanjutkan tahap dasar golongan lanjutan profesi di pusdik terkait selama 4 bulan

Adapun tujuan dari pendidikan pertama perwira adalah mendidik perwira siswa agar menjadi perwira TNI AL yang memiliki kemampuan profesi, kepemimpinan dan kesamaptaan jasmani prajurit matra laut yang mampu berpikir, bersikap dan bertindak sesuai dengan tuntutan fungsi teknis yang diarahkan pada spektrum pekerjaan dalam penugasan awal di kapal maupun organisasi TNI AL lainnya, serta mampu mengembangkan pribadi sebagai kader pemimpin TNI AL masa depan guna mendukung terwujudnya organisasi yang profesional dan modern serta berkemampuan proyeksi regional dan berkomitmen global.

Sebagai lulusan yang berasal dari perguruan tinggi lanjut Dankodiklatal, dirinya yakin para siswa akan mampu menjadi prajurit TNI AL yang dapat diandalkan dalam mengemban setiap tugas negara, asal para perwira memiliki kemauan untuk berkembang dengan berupaya meningkatkan kemampuan pribadi melalui pendidikan umum dan militer serta melaksanakan penugasan melalui tour of duty dan tour of area.

“Mulai hari ini, saudara akan menapaki jalan panjang yang penuh dengan tantangan. Berbagai pendidikan lanjutan serta penugasan menjadi titian jenjang karier yang berliku yang akan saudara lalui. Tempuhlah semua perjalanan berat itu dengan penuh semangat dan kesungguhan disertai sikap sabar, ikhlas, dan tawakal agar saudara ke depan sukses dan bisa mencapai karier tertinggi sebagaimana yang saudara cita-citakan.” Tegas Komandan Kodiklatal

Hadir dalam kegiatan tersebut para pejabat utama Kodiklatal diantaranya Wadan Kodiklatal, para Direktur Kodiklatal, Inspektur Kodiklatal para Komandan Pusdik dan Kodik dijajaran Kodiklatal. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!