- iklan atas berita -

 

 

Metro Times (Jakarta) – Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Nurhidayat melaksanakan kunjungan kerja ke Pusat Pendidikan Hidro Oceanografi (Pusdikhidros) Komando Pendidikan Operasi Laut (Kodikopsla) yang berlokasi di Ancol Jakarta Utara.

Dalam kunjungan kerja tersebut Komandan Kodiklatal diterima langsung oleh Komandan Pusdikhidros Kolonel Laut (P) B. Dwiaji Gultom, S.T beserta pejabat Utama Pusdikhidros.

ads

Selain bertatap muka dengan pejabat Utama Pusdikhidros, Komandan Kodiklatal juga memberikan pembekalan kepada para prajurit antap dan Siswa Pusdikhidros. Selesai pembekalan dilanjutkan dengan inspeksi fasilitas pendidikan yang dimiliki Pusdikhidros.

Komandan Kodiklatal Laksda TNI Nurhidayat dalam pembekalanya menyampaikan bahwa TNI AL melalui lembaga pendidikan Kodiklatal terus berkomitmen dalam mencetak Sumber Daya Manusia yang unggul, utamanya dalam meningkatkan kemampuan Instruktur dan Pelatih untuk menghasilkan siswa didik yang baik dan siap pakai sesuai profesinya.

Salah satu upaya untuk meningkatkan SDM tersebut, dengan membuka kursus Tamtama Hidros yang sudah dilaksanakan selama dua kali lebih. “Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan profesi level Tamtama di bidang Hidro Oceanografi,” ujar Komandan Kodiklatal.

Lebih lanjut Komandan Kodiklatal menekankan agar kemampuan profesi Hidro Oceanografi sebagai keahlian yang sangat spesifik harus ditingkatkan terus dalam rangka mencetak peserta didik yang handal. “Personil pengawak Pusdikhidros harus memiliki sertifikasi yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP),” tegasnya.

Disisi lain, Komandan Kodiklatal memintah agar personil Pusdikhidros melaksanakan koordinasi secara terus-menerus dalam proses perpanjangan akreditasi Kategori “B” yang rencana akan dilaksanakan di Columbia pada medio Maret 2020. Berkoordinasi dengan Pusat Hidro Oceanografi Angkatan Laut (Pushidrosal) Mabesal serta membuat surat kepada Kodiklatal. Sedangkan dibidang personil, Komandan Kodiklatal menyampaikan agar diajukan personil pengganti Perwira yang akan mutasi dan mengajukan kekurangan DSP personil agar terpenuhi.

Selesai memberikan pembekalan kepada seluruh prajurit dilanjutkan inspeksi ke beberapa fasilitas pendidikan Pusdikhidros antara lain kelas Dikspespa dan Dikba hidros, Peralatan Komputer pengolah data survey, ruang penyimpanan Alat Instruksi dan Alat Penolong Instruksi, Barak Mess Bintara dan Mess Tamtama, fasilitas perahu survey Poca hibah dari ITB.

Saat inspeksi, Komandan Kodiklatal menekankan agar para prajurit merawat keberadaan fasilitas yang dimiliki Pusdikhidros agar dapat digunakan dengan optimal oleh siswa Kodiklatal. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!