- iklan atas berita -

 

 

Metro Times (Surabaya) – Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan laut Dankodiklatal) Laksda TNI Nurhidayat memimpin pelaksanaan upacara peringatan Hari Dharma Samudera tahun 2020 prajurit Kodiklatal yang dipusatkan di lapangan laut Maluku Kesatrian Bumimoro Kodiklatal Surabaya.

Upacara peringatan Hari Dharma Samudera yang diikuti sedikitnya 2.500 prajurit Antap, Prajurit Siswa dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkungan Kodiklatal terebut juga dihadiri Pejabat utama Kodiklatal diantaranya Wadan Kodiklatal, Dirjian, Dirum, Dirdok, Dankodikopsla serta para Komandan Kodik, para Komandan Pusdik serta Komandan Sekolah dijajaran Kodiklatal

ads

Kasal Laksmana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M dalam sambutan yang dibacakan Komandan Kodiklatal Laksda TNI Nurhidayat menyampaikan bahwa upacara yang diselenggarakan setiap tahun ini, pada hakikatnya merupakan media dalam memberikan pewarisan nilai-nilai kejuangan yang harus dilestarikan, agar terus terjaga semangat dan jiwa tempur prajurit dalam menegakkan kedaulatan negara kesatuan republik indonesia.

Menurutnya pertempuran yang kita hadapi saat ini dalam mewujudkan kedaulatan dan keutuhan wilayah negara kesatuan Republik Indonesia tidak banyak berubah, namun hanya menunjukkan karakter pertempuran yang berbeda. Segala tantangan menyangkut batas laut teritorial Negara Kesatuan Republik Indonesia menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah Indonesia dan khususnya TNI Angkatan Laut. Oleh sebab itu, nilai-nilai kejuangan Yos Sudarso dan pelaut-pelaut tersebut wajib diwarisi oleh seluruh prajurit TNI Angkatan Laut saat ini, yaitu agar tetap tegar dan pantang menyerah dalam menghadapi berbagai tantangan.

Di era revolusi industri 4.0 seperti saat ini, dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat dan pengaruh era globalisasi, tantangan kita sebagai garda pelindung keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia akan menjadi semakin kompleks. Prajurit TNI Angkatan Laut dituntut untuk lebih adaptif, produktif, berinovasi tinggi dan kompetitif dalam meningkatkan profesionalisme pelaksanaan tugas.

Dalam proses itu jangan sampai melupakan jati diri seorang prajurit yang selalu berpedoman pada sapta marga, sumpah prajurit dan trisila TNI Angkatan Laut. Pewarisan nilai-nilai kejuangan dalam peringatan ini juga mewakili sejumlah pertempuran laut lainnya, misalnya pertempuran laut Cirebon, pertempuran Teluk Sibolga, pertempuran laut Malaka dan pertempuran laut lainnya.

Melalui peringatan Hari Dharma Samudera ini, Kasal memberikan penekanan kepada seluruh prajurit TNI AL agar meneladani nilai dan semangat kejuangan yaitu sikap ksatria, rela berkorban dan pantang menyerah, serta memupuk jiwa patriotisme dan jati diri sebagai prajurit matra laut.

Sementara itu ketua panitia peringatan hari Darma Samudera tahun 2020 yang juga Komandan Pusdiktek Kodikdukum Kodiklatal menyampaikan bahwa dalam peringatan hari darfma Samudera tahun 2020 ini selain dilaksanakan upacara yang dilaksanakan di pagi hari para prajurit juhga akan menyaksikan pemutaran film dokumenter mengenang pertempuran laut Aru yang akan dilaksanakan pukul 19.00 Wib di gedung Moeljadi kesatrian Bumimoro Kodiklatal. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!