- iklan atas berita -

METRO TIMES ( Ambon ) TNI Angkatan Laut. Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) TNI Angkatan Laut pada tanggal 10 September 2022, Lantamal IX Ambon menggelar Bhakti Kesehatan bertempat di atas geladak kapal perang Kapal Angkatan Laut Alkura III-9-14 (KAL Alkura III-9-14) di Dermaga Irian Lantamal IX Halong, Baguala, kota Ambon. Selasa.(06/09/2022)

Adapun rangkaian kegiatan peringatan HUT TNI AL yang dilaksanakan kali ini salah satunya yaitu Bhakti Kesehatan donor darah, pembersihan plak dan karang gigi gratis serta khitanan massal. Untuk di Lantamal IX Ambon, kegiatan donor darah dan khitanan massal dilaksanakan di atas geladak KAL Alkura dan berlayar mengelilingi perairan Teluk Dalam kota Ambon, sedangkan untuk pembersihan plak dan karang gigi gratis diselenggarakan di Rumkital dr. F.X. Suhardjo Lantamal IX. Dalam kesempatan ini juga dilakukan pemberian tali asih berupa bingkisan kepada anak-anak peserta khitan.

Pelaksanaan khitanan massal yang dipimpin oleh Karumkital dr. F. X. Suhardjo Lantamal IX Letkol Laut (K) dr. Eka Purwanto, Sp. An., jumlah peserta khitan yang dicapai yaitu 125 orang. Peserta yang didominasi oleh anak-anak ini berasal dari desa Tial, desa Tengah-tengah, Muallaf Center, desa Waiheru, masyarakat Ambon dan sekitarnya.

Sedangkan untuk donor darah dan pembersihan plak serta karang gigi gratis dipimpin oleh Kadiskes Lantamal IX Ambon Mayor Laut (K) drg. Rully Yusman, Sp. KG., M.H., dengan peserta donor darah 125 orang, terdiri dari personel Polda Maluku, Kodam XVI Pattimura, Lanud Pattimura, KKP, Guspurla Koarmada III, prajurit Lantamal IX dan Yonmarhanlan IX Ambon, serta sebanyak 123 anak-anak dari SD dan SMP Hang Tuah mengikuti pembersihan plak dan karang gigi secara gratis.

Sebanyak 43 tenaga kesehatan terlibat dalam kegiatan ini. Untuk jajaran Lantamal IX, selain di Mako Lantamal IX kegiatan juga dilaksanakan di Lanal Tual, Lanal Aru dan Lanal Saumlaki.

ads

Kegiatan yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia ini diselenggarakan secara terpusat melalui vicon di atas geladak KRI Semarang 594, yang dihadiri oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono.

Hadir juga dalam kegiatan, perwakilan dari Dinkes Provinsi Maluku dan kota Ambon serta kabupaten Maluku Tengah, Ketua IDI Cabang Ambon dr. Hasni Arusad, MARS., Ketua PMI Kota Ambon, para PJU Lantamal IX, serta Ketua Korcab IX Daerah Jalasenastri Armada III Ny. Widiya Said Latuconsina.

Kegiatan yang dilaksanakan ini adalah bentuk kepedulian TNI Angkatan Laut kepada masyarakat setempat. Dalam sambutannya, Danlantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T., menyampaikan, “Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian TNI Angkatan Laut pada masyarakat serta merupakan salah satu komitmen untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, cerdas, produktif dan inovatif”, tutur Brigjen Said Latuconsina.

Danlantamal IX juga berharap kegiatan ini dapat meringankan beban masyarakat kurang mampu. “Melalui kegiatan ini diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat khususnya masyarakat kita yang kurang mampu sehingga bisa memberikan layanan kesehatan dan bisa dirasakan secara langsung oleh masyarakat yang membutuhkan”, tutup Danlantamal IX Ambon.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!