- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Ribuan Pengawas TPS yang tersebar di 494 desa/kelurahan di kabupaten Purworejo menjalani rapit test di kecamatan masing-masing oleh petugas Puskesmas kecamatan setempat. Sebanyak 1901 Pengawas TPS tersebut diwajibkan mengikuti rapid test sebelum melaksanakan tugas di lapangan.

Rapid test dilaksanakan untuk memastikan jajaran Pengawas TPS dalam keadaan sehat dan tidak terpapar virus covid-19 saat bertugas.

Jika nanti ditemukan Pengawas TPS hasilnya reaktif maka akan dilakukan swab oleh satgas covid 19 yang dilakukan dipuskesmas masing-masing, atau akan dilakukan rapid test kebali pada tanggal 3 Desember, dan apabila pada tanggal 3 Desember hasil rapidnya masih reaktif, maka akan dilakukan Penggantian Pengawas TPS.

“akan ada penggantian personel bila ditemukan Pengawas TPS yang hasilnya masih Reaktif pada rapid tes ditanggal 3 Desember2020, kami ingin memastikan kepada masyarakat, bahwa jajaran PTPS yang bertugas dilapangan terbebas atau aman dari virus Covid 19. ” ujar Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Purworejo, Abdul Azis, Sabtu (28/10) saat melakukan monitoring kegiatan rapid test di Kecamatan Purworejo.

ads

Dia mengatakan, pelaksanaan rapid test dilakukan serentak pada tanggal 28 November 2020 di seluruh Purworejo. Rapid test tersebut dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan, yakni memakai masker, menyediakan handsanitazer, sarana cuci tangan dan menjaga jarak.

“Rapid ini ada yang dilaksanakan di aula kecamatan dan ada yang di Puskesmas kecamatan. Ini disesuaikan dengan kondisi lapangan,” katanya.

Koordinator Hukum Humas Data dan Informasi Bawaslu Purworejo, Rinto Hariyadi mengatakan, kegiatan rapid test tersebut merupakan rangkaian cek kesehatan yang diikuti seluruh jajaran pengawas pemilu, mulai dari Bawaslu, Panwaslu Kecamatan, Panwaslu Kelurahan/Desa hingga Pengawas TPS.

“Cek kesehatan berupa rapid test ini merupakan komitmen Bawaslu dalam mewujudkan pemilihan bupati dan wakil bupati yang bermartabat dan sehat,” katanya. (DNL)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!