- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Sidoarjo) – Kerjasama antara Amphuri DPD Jawa Timur dan Asita 71 DPD Jawa Timur bersama LSP Pariwisata PHURI Nusantara dan ODIFA Tourism Consultan dalam pelaksanaan Program Pelatihan Tour Leader, Tour Guide dan Tour Planner. Serta Bimtek Sertifikasi Usaha Biro Perjalanan Wisata. Sertifikasi Tour Leader, Tour Guide dan Tour Planner. Yang dihadiri oleh Ketua DPD Amphuri Jatim H.Sofyan Arief, Wakil ketua Bidang Umroh, Wisata Halal dan SDM Bety Dwi, Dir LSP Pariwisata PHURI Nusantara Bambang Setiawan.
Asessor, Soepomo, Moch Zaki zamani, Moch Affan, Ayu dan Indah. Yang diadakan di Hotel Sofia Front One, Sidoarjo, (13-9-2020).

Ketua DPD Amphuri Jatim H.Sofyan Arief mengatakan, Kegiatan hari ini adalah bentuk kerja sama antara DPD Ampuri Jatim dengan Asita 71 DPD Jatim , mudah-mudahan kerjasama ini awal dan sebagai pembuka untuk kerja sama dengan Asita 71 lebih lanjut dan kedepan lebih baik.

“Kita Ampuri sebenarnya juga rohnya BPW (Biro Perjalanan Wisata) sama dengan Asita 71, cuman bedanya kami di Ampuri ini sudah mempunyai izin dari Kementerian Agama. Jadi kalau kami di Ampuri ini semua adalah PPIU berizin yang dikeluarkan oleh kementerian Agama, sedangkan Asita 71 itu baru BPW saja. Jadi kedepan teman-teman yang di Asita 71 pun bisa memperoleh izin PPIU seperti kami yang sudah di Ampuri, sinerginya disana,” terang H.Sofyan Arief disela-sela acara Bimtek.

ads

Menurut H. Sofyan, Era globalisasi ini tidak bisa dipungkiri, transfer pengetahuan, transfer tenaga kerja, sudah tidak bisa terbendung di dunia ini. Maka pemerintah berusaha bagaimana SDM unggul Indonesia ini bisa berkompetisi di dunia bebas.

Oleh karena itu sangat bermanfaat bagi peserta yang mengikuti acara workshop ini sekaligus nantinya bila memungkinkan bisa dilanjutkan ke sertifikasi uji kompetensi yang dilaksanakan oleh Badan Sertifikasi Profesi Pariwisata.

Kenapa harus dilakukan Sertifikasi ? “Profesi di Indonesia terutama profesi di bidang pariwisata itu diatur dalam Standarisasi Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Dengan standarisasi itu berharap profesi terutama di bidang Tourism, yaitu Tour Leader, Tour Guide dan Tour Planner itu bisa berstandarisasi dan bisa memiliki kompetensi yang bersertifikat Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), tidak hanya berlaku di nasional namun juga di internasional,” imbuh Sofyan.

Wakil Ketua Bidang Umroh, Wisata Halal dan SDM Bety Dwi menyampaikan, ini salah satu program kerja Asita 71 DPD Jatim untuk bersinergi dengan DPD Ampuri Jatim. Jadi sebetulnya Ampuri itu adalah bidangnya penyelenggara Umrah, kalau Asita 71 bidangnya penyelenggaraan Tour.

Menurut Bety, Ampuri itu basicnya penyelenggara tour, sehingga Asita ini sudah mulai berjalan kegiatan, ini salah satu program kegiatan dari Asita 71 DPD Jatim untuk dibidang SDM. Jadi ini salah satu program dari Asita 71 bersinergi dengan Ampuri, kebetulan Ampuri program seperti ini sudah berjalan dua tahun, kita bersinergi supaya teman-teman Asita 71 juga bisa mengikuti program bimbingan teknis, workshop pelatihan sebagai Tour Leader, Tour Guide dan Tour Planner. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!