- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) – Dalam rangka menjaring bakat terbaik Prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) dalam bidang olah raga, Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Suhartono resmi membuka Pekan Olah Raga TNI Angkatan Laut Wilayah Timur (Porwiltim TNI AL), bertempat di Lapangan Jala Krida Mandala Akademi Angkatan Laut (AAL), Bumimoro, Surabaya. Senin, (10/07/2023).

Penyelenggaraan Porwiltim 2023 adalah yang perdana sejak hiatus selama dua tahun karena Pandemi Covid-19. Kegiatan rutin tahunan TNI AL ini akan berlangsung mulai tanggal 10 hingga 14 Juli 2023, dan mempertandingkan tiga cabang olahraga yaitu Sepak Bola, Bola Voli (putra dan putri) dan Tenis Lapangan. Porwiltim TNI AL 2023 melibatkan 449 atlet dari enam kontingen yang akan berlaga, antara lain Kontingen Kodiklatal, Kontingen Koarmada II, Koarmada III, Akademi Angkatan Laut (AAL), Marinir Wilayah Timur (Marwiltim), dan Kontingen Gabungan Unit Pelaksana Teknis Markas Besar TNI AL Wilayah Timur (UPT Mabesal Wiltim).

Dalam amanatnya Dankodiklatal menyampaikan bahwa “Porwiltim TNI AL bertujuan tidak hanya untuk Memacu semangat Prestasi dan Soliditas serta Solidaritas antara Prajurit di Lingkungan TNI Angkatan Laut dalam arena Kompetisi olah raga, namun juga sebagai Sarana menjaring bibit-bibit unggul dari cabang olahraga dari lingkungan prajurit, untuk kemudian diharapkan dapat berprestasi di kancah yang lebih prestisius lagi, baik dalam event olahraga antar matra, di tingkat nasional maupun internasional”.

Disamping hal tersebut di atas, Dankodiklatal juga mengatakan jika Porwiltim dan Porwilbar adalah alat ukur bagi TNI AL terhadap Pembinaan Jasmani atau Kesamaptaan Prajurit. “Maksud dan tujuan dari Porwil ini adalah untuk mengukur sejauh mana pembinaan olahraga atau jasmani di seluruh kotama-kotama yang ada di jajaran TNI AL. Karena kesamaptaan jasmani menjadi salah satu tujuan dari pembinaan TNI AL, dimana seorang Prajurit diharapkan punya kesamaptaan yang tinggi untuk mendukung pelaksanaan tugas sehari-hari, “ jelas orang nomor satu di Kodiklatal ini.

ads

Terkait pelibatan atlet, Dankodiklatal mengungkapkan jika dalam Porwiltim 2023 selain Anggota dan Siswa juga dilibatkan anggota Jalasenastri khususnya di cabang olahraga Tenis Lapangan dan Bola Voli. “Mereka (anggota Jalasenastri ) kita libatkan karena memang memilki prestasi dan kemampuan. Ada Atlet -atlet Nasional juga yang ikut berlaga di Porwiltim di cabang olahraga Tenis Lapangan dan Bola Voli,” ungkap Dankodiklatal.

Lebih lanjut Dankodiklatal menegaskan kepada seluruh Ketua Kontingen , Official dan Atlet agar selalu berpegang teguh pada Sportivitas, mematuhi semua tata tertib pertandingan dan tetap menjalin soliditas karena mereka bertanding melawan rekan sesama anggota TNI AL.

(nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!