- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) — Sebanyak 250 personel Siswa Satuan Pendidikan (Satdik) – 3 Sorong resmi menjadi prajurit TNI Angkatan Laut, usai Komandan Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Letnan Jenderal TNI (Mar) Suhartono melantik dan mengambil sumpah siswa program Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) dan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) Angkatan XLII tahun 2022 di Mako Koarmada III, Desa Majener, Distrik Salawati, Kabupaten Sorong, Papua Barat, Rabu (27/7/2022).

Siswa yang dilantik sebanyak 250 siswa terdiri dari 100 orang siswa Dikmaba dengan rincian 85 siswa Pria dan 15 siswa Wanita (Kowal), dan 150 orang siswa Dikmata. Para prajurit TNI AL baru ini sebelum menyandang pangkat Sersan Dua (Serda) dan Kelasi Dua (KLD) telah ditempa kurang lebih empat bulan menjalani pendidikan dasar keprajuritan, dan dasar golongan di Satuan Pendidikan-3 (Satdik-3) Kodiklatal yang bermarkas di Sorong.

Pada kesempatan ini, Dankodiklatal Letjen Marinir Suhartono dalam sambutannya mengucapkan selamat dan sukses atas pelantikan para siswa menjadi Bintara dan Tamtama TNI AL
“Selamat dan sukses atas pelantikan saudara menjadi Bintara dan Tamtama TNI AL dengan pangkat Sersan Dua dan Kelasi Dua. Semoga pendidikan dasar keprajuritan dan dasar golongan mampu meningkatkan jiwa keprajuritan saudara sebagai Bintara dan Tamtama TNI AL yang tanggap, tanggon dan trengginas,” ujar Dankodiklatal.

Lebih lanjut orang nomor satu di jajaran Kodiklatal ini mengimbau agar seluruh siswa tidak larut dalam kebanggaan sebagai prajurit TNI AL, sebab masih ada tugas pendidikan yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Dan sebaliknya seluruh siswa harus menjaga pola sikap dan pola tindak mereka agar tidak melakukan pelanggaran yang menyebabkan turunnya sanksi karena faktor moral, kepribadian maupun kesamaptaan jasmani yang kurang. Selain itu diharapkan sebagai Bintara dan Tamtama Remaja TNI AL, diharapkan mereka dapat terus mengasah kemampuan dan meningkatkan keterampilan agar siap menyongsong tugas di satuan ataupun daerah operasi.

ads

“Tetaplah disiplin dan selalu mentaati peraturan yang berlaku, agar kalian nanti benar-benar menjadi prajurit TNI AL yang tangguh, bisa dibanggakan oleh masyarakat, bangsa dan negara serta siap melaksanakan penugasan di satuan ataupun di daerah operasi,” tegas Dankodiklatal.

Tampak hadir dalam pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut, Pangkoarmada III Laksamana Muda TNI Irvansyah S.H., CHRMP., M. Tr.Opsla, KS Koarmada III Laksamana Pertama TNI Yeheskiel Katiandagho S.E., M.M., M.H, Danlantamal XIV Sorong Laksamana Pertama TNI Imam Musani, S.E., M.Si., M. Tr.Opsla, Danpasmar-3 Brigjen TNI (Mar) Y. Rudy Sulistyanto, S.E, dan Dansatdik-3 Kodiklatal serta para pejabat Forkopimda Kabupaten Sorong.

Dalam kesempatan tersebut seluruh undangan mendapat suguhan menarik dari para siswa lulusan Satdik-3 Kodiklatal berupa sejumlah atraksi demo yakni Kolone Senapan, Peluit, Bela Diri Militer, Senam Balok, Halang Rintang, Bongkar Pasang senjata dengan mata tertutup, Tali Temali dan River Crossing. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!