- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) – Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah setelah selesai mendampingi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali melantik 217 Perwira Muda TNI AL lulusan Diktukpa TNI AL Angkatan 53, melanjutkan kegiatan Wisuda Purna Bakti (WPB) dengan melepas para Prajurit dan PNS TNI AL yang telah memasuki masa Purna Bakti atau Pensiun, bertempat di Lapangan Laut Maluku Kodiklatal, Bumimoro Surabaya. Senin, (06/11/2023).

Adapun rincian personel yang mengikuti WPB Tahun 2023 berjumlah 230 orang yakni, Kodiklatal : 67 orang, Koarmada II : 41 orang, AAL : 38 orang, Pasmar-2 : 30 orang, Lantamal V : 28 orang, RSPAL dr. Ramelan : 10 orang, Puspenerbal : 7 orang, Balurjatim : 5 orang, STTAL : 3 orang, serta Dispsial : 1 orang.

Wisuda Purna Bakti ini merupakan salah satu bentuk wujud penghargaan dari TNI Angkatan Laut kepada para Prajurit dan PNS TNI AL atas dedikasi, loyalitas dan pengabdiannya selama bertugas. Momen WPB adalah saat yang sangat mengharukan, baik bagi prajurit TNI AL yang masih aktif mengabdi, maupun saat-saat pelepasan yang menandakan tuntas sudah janji bakti yang dulu di ucapkan dan telah sampai pada garis akhir dengan gemilang.

Dalam kesempatan tersebut, Dankodiklatal Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah didampingi Ketua Cabang Jalasenastri Kodiklatal Ny. Ayu Nur Alamsyah menyaksikan acara tradisi serah terima peluit TNI AL dari Kolonel Purn Birawa kepada salah satu Siswa Terbaik Diktukpa TNI AL Angkatan 53 yaitu Letda Laut (P) Fandi Kartika Yudha yang sedang naik diatas Mock Up KRI Teluk Ambon-503.

ads

Usai jajar kehormatan, Kolonel Purnawirawan Birawa yang merupakan Alumni Sekolah Perwira Wajib Militer ABRI (Sepawamil) Tahun 1993 tersebut pernah menjabat sebagai Komandan Denmako Kodiklatal, dan jabatan terakhir beliau sebagai Sahli Pangkoarmada II.

“Semoga nilai-nilai kejuangan yang ada di jiwa kami bisa diteruskan oleh remaja sekalian, khususnya adalah para mantan siswa Diktukpa TNI AL Angkatan 53 yang baru saja dilantik oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali,” kata Kolonel Purn Birawa yang mulai purna tugas TMT 1 Januari 2023 sudah mulai memasuki masa pensiun.

Menurutnya lulusan Diktukpa TNI AL sudah mempunyai bekal pengalaman, mungkin banyak juga yang dari penugasan di kapal perang maupun pasukan akan menambah rasa semangat dan patriotisme dalam memperjuangkan NKRI dan membawa kejuangan, memajukan khususnya TNI Angkatan Laut, sehingga norma-norma kebaikan selalu di jaga untuk membawa kemajuan TNI Angkatan Laut dimana kita mempunyai semboyan Jalesveva Jayamahe Justru di Laut Kita Jaya.

Kolonel (Purn) Birawa selaku perwakilan dari Wisudawan Purna Bakti TNI AL, mengucapkan terima kasih kepada Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali dan Komandan Kodiklatal Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah serta para Pangkotama TNI AL, sehingga bisa melepas para Prajurit dan PNS TNI AL yang purnawirawan dapat berjalan dengan lancar.

(nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!