MetroTimes (Surabaya) — Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) melaksanakan penandatanganan kontrak bersama antara Kodiklatal dengan Mitra penyedia Barang dan Jasa. Penandatanganan kontrak jajaran TNI AL ini dilaksanakan secara kolektif dan serentak seluruh Kotama TNI AL yang secara virtual disaksikan langsung Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, dari Auditorium Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (26/01/2022).

Pelaksanakan penandatangan kontrak Kodiklatal dengan Mitra Penyedia Barang dan Jasa tersebut dilaksanakan di Ruang Joglo Moeljadi Kesatrian Kodiklatal Surabaya dipimpin Komandan Kodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat dan dihadiri Inspektur Kodiklatal Brigjen TNI Mar Amir Faisol, Direktur Umum Kodiklatal Laksma TNI Gatot Hariyanto, Komandan Kodikopsla Laksma TNI Octavianus Budi Susanto, Komandan Kodikmar Brigjen TNI Mar Ili Dasili, dan Paban I Renprogar dan Paban IV Log Ditum Kodiklatal.

Penandatangan kontrak ini dilakukan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kodiklatal dan Mitra Penyedia Barang dan Jasa ini merupakan kegiatan rutin diawal tahun sebagai simbolisasi dimulainya proses pekerjaan fisik pada pengadaan pengadaan barang dan jasa tahun anggaran berjalan yang dalam implementasinya, azas transparansi dan akuntabilitas menjadi hal yang sangat fundamental, sehingga penggunaan anggaran dari keuangan negara dapat dipertanggungjawabkan, sehingga para PPK harus mengawal pelaksanaan kontrak dengan pengawasan dan pelaporan secara disiplin dan tepat waktu.

Sementara itu, Kasal dalam sambutannya mengatakan bahwa tata kelola pemerintahan, termasuk di dalamnya tata kelola anggaran negara telah mengalami banyak kemajuan menuju tata kelola yang tertib dan akuntabel dalam kerangka reformasi birokrasi sebagai bagian dari upaya membangun good government dan clean governance. โ€œHal ini mutlak harus menjadi pemahaman dan kesadaran kita bersama, sehingga kita tidak lagi terjebak dengan praktek dan pola yang tidak sesuai dengan semangat perubahan,โ€ tegas Kasal.

Kegiatan penandatanganan kontrak kerjasama ini dilaksanakan secara serentak di lingkungan TNI AL diikuti oleh 32 Satuan Kerja dengan jumlah kontrak sebanyak 173 kontrak yang telah melalui proses lelang sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 12 tahun 2021 tentang Pengadaan barang dan jasa pemerintah. Terkait dengan situasi pandemi, maka penandatanganan kontrak dilaksanakan secara langsung di auditorium Denma Mabesal diikuti oleh 14 satker. Sedangkan 18 Satker di luar Mabesal salah satunya Kodiklatal dengan pelaksanaan penandatanganan dilaksanakan secara virtual di Satker masing-masing dengan jumlah kontrak sebanyak 99 kontrak. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini