- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) – Jelang Penutupan Pendidikan (Tupdik) Tahap Dasar Golongan, 556 Siswa Dikmata TNI AL Angkatan 43/2 TA. 2023 melaksanakan Latihan Praktek (Lattek) Renang Laut yang dilanjutkan Berlayar dengan KRI Teluk Banten-516 jajaran Satuan Amfibi (Satfib) Koarmada II, bertempat di Kolam Kombasin dan Dermaga “D” Selatan Koarmada II, Ujung Surabaya. Rabu, (20/03/2024).

Dalam Materi Lattek Renang, para Siswa dihadapkan dengan tantangan, bagaimana mereka akan langsung berenang di laut, sebagai bagian penting dari pengawak TNI Angkatan Laut, yaitu wajib memiliki kemampuan berenang di laut, melatih daya tahan tubuh dan menghadapi berbagai tantangan yang ada di laut itu sendiri. Mental dan fisik yang prima diperlukan untuk menjalani Lattek renang tersebut.

Setelah selesai melaksanakan Lattek renang, para Siswa langsung bergerak on board menuju ke KRI Teluk Banten-516 untuk mengenal bagaimana kehidupan di KRI, sebagai bekal mereka kelak berdinas di KRI di seluruh wilayah NKRI. Kegiatan yang dilaksanakan di KRI Teluk Banten-516 merupakan kapal bertipe kapal pengangkut tank atau Landing Ship Tank (LST).

Dalam kesempatan tersebut, para Siswa dengan penuh semangat memasuki KRI Teluk Banten-516 dan menerima berbagai materi Lattek seperti, Pengenalan dasar Navigasi Kapal, Kebaharian Kapal, Kamar Mesin dan Peran PEK, Anjungan, serta Jaga Laut dan Jaga Darat. Materi tersebut sangatlah penting sebagai modal dasar para siswa sehingga mereka memiliki gambaran tentang tata kehidupan di KRI.

ads

Selain berbagai materi yang telah ditentukan, para Siswa juga diberikan pembimbingan dan pengasuhan oleh Komandan Kapal, beserta Perwira kapal dan awak KRI sebagai bekal untuk menumbuhkan semangat Prajurit Jalasena yang Tanggap, Tanggon dan Trengginas.

Komandan Puslatdiksarmil Kodiklatal Kolonel Laut (P) Irwan S.P. Siagian, mengatakan bahwa Lattek Renang Laut dan Lattek Berlayar merupakan rangkaian kegiatan wajib yang harus dilalui oleh para Siswa.

“Untuk itu, selama Lattek renang yang dilanjutkan on board di KRI, yang dilaksanakan selama 3 hari tersebut dapat dilaksanakan dengan semaksimal mungkin, serap seluruh ilmu yang diajarkan Intruktur, dan utamakan zero Accident dalam setiap kegiatan Lattek”, pesan Danpuslatdiksarmil.

(nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!