- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) – Hari ketiga palaksanaan Program Pembiaan Mental Terpadu tahun 2023 di Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V Surabaya, Dinas Pembinaan Mental Angkatan Laut (Disbintalal) menggendeng Komando Garnisun Tetap (Kogartap) III Surabaya memberikan pelatihan tentang tata cara pelaksanaan tradisi Upacara Pemakaman Militer baik di darat maupun di laut kepada seluruh peserta, yang bertempat di Depan Lapangan Jalasenastri Korcab V DJA II dan dilanjutkan di KRI Makassar-590 yang tengah sandar di Dermaga Semampir, Ujung, Surabaya (23/02/2023).

Praktek pelatihan upacara pemakaman militer dilaksanakan di dua tempat, dimulai dengan praktek tata upacara pemakaman militer di darat, kemudian dilanjutkan dengan praktek tata upacara pemakaman militer di laut yang ditinjau langsung oleh Kadisbintalal Brigjend TNI Marinir Sandy Muchjidin Latief, S.IP.

Pemakaman di laut merupakan suatu prosesi pemakaman jika ada kematian di kapal yang mana pemakaman tersebut tidak memungkinkan untuk dilaksanakan di darat, maka dilaksanakan upacara pemakaman di laut dengan upacara kemiliteran. Adapun syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi diantaranya Sertifikat kematian harus dikeluarkan oleh Dokter kapal, dan Komandan kapal atau yang berwenang mengadakan upacara kematian.

Kegiatan tersebut sesuai dengan Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali dengan memperkuat keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan pengabdian yang penuh dengan ketulusan serta rasa keikhlasan hati sebagai prajurit TNI Angkatan Laut dalam menjaga kedaulatan dan keamanan negara di laut. (nald)

ads

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!