- iklan atas berita -

Metro Times (Magelang) Pada masa pandemi karena dahsyatnya virus Corona yang menyerang manusia menyebabkan kematian apabila kekebalan tubuh kita lemah. Ratusan warganya meninggal dunia. Dari berbagai kejadian yang menimpa negara lain akhirnya pemerintah kita melakukan penanganan supaya masyarakat Indonesia tidak kontak langsung dengan penderitanya. Mereka lebih baik tinggal di rumah untuk melakukan physical distancing dan juga social distanching. Menteri Pendidikan akhirnya mengambil kebijakan agar guru melakukan work from home dan siswanya juga melakukan belajar di rumah, dengan himbauan melakukan teknik daring agar guru bisa selalu mendampingi siswanya memberikan materi pembelajaran ataupun melakukan penilaian.

Dengan siswa belajar di rumah merupakan momentum yang berharga bagi anggota keluarga, orang tua sekaligus bertugas untuk mendampingi putra putrinya dalam pembelajaran. Hal ini soalah memberi pelajaran kepada orang tua ternyata menjadi seorang guru yang membimbing puluhan hingga ratusan siswa bukan merupakan tugas yang mudah, tetapi membutuhkan kesabaran yang ekstra.

“Seperti belajar daring yang kita lakukan di SD Negeri Trasan 1 Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang melalui google meet. Dengan belajar daring siswa jadi lebih paham tentang teknologi. Ketika siswa mengikuti google meet mereka bisa membayangkan ketika mereka berselfi, sehingga mereka akan menunjukkan wajah yang terbaik,” ucap Umi Maghfitoh S.Pd, selaku Guru di SDN Trasan Kec. Bandongan, Jumat (16/7) pagi.

Pembelajaran daring bisa juga dilakukan melalui media wa grup yang ada di masing-masing kelas. Kita bisa memberikan perhatian kepada siswa untuk selalu semangat belajar, menjaga kesehatan, selalu patuh pada orang tua dan beribadah, lewat tulisan yang kita ketik di wa, kita juga bisa meminta siswa untuk menampilkan hasil dari pekerjaannya berupa foto dan juga biasa merekam suara kita yang berisi himbauan, nasehat ataupun video pembelajaran. Asyiknya belajar daring, seakan kita semua hadir.

Penulis :
Umi Maghfiroh, S.Pd
SDN Trasan 1 Kec. Bandongan

ads

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!