- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Magelang) Untuk mewujudkan agar produktivitas padi semakin baik, babinsa Serma Eka Widiyanta bersama PPL Desa Kalibening Istarto terus menggalakkan pendampingan dan memberikan penyuluhan kepada para petani melalui anggota kelompok tani dan gabungan kelompok tani desa setempat, Jum’at (09/03).

Seperti yang dilaksanakan baru-baru ini, babinsa dan PPL mendampingi penanaman padi jenis padi merah dengan menggunakan sistem jajar legowo dilahan seluas 2000 meter persegi milik Nurgiyanto (52) warga dusun Ngentak 2 Desa Kalibening Kecamatan Dukun.

Penanaman padi tersebut di ikuti oleh ketua kelompok tani dan ketua gapoktan desa Kalibening, dimana maksud dan tujuannya adalah agar paham dan mengerti tentang manfaat menanam padi dengan sistem jajar legowo.

Penanaman padi dengan menggunakan sistem jajar legowo adalah cara tanam padi dimana padi ditanam dalam beberapa barisan dengan diselingi satu barisan kosong. Baris tanaman dan baris kosong disebut satu unit legowo.

ads

Manfaat menanam dengan menggunakan sistem ini adalah menambahkan jumlah tanaman padi sehingga diharapkan akan menambah produktifitas gabah. Barisan kosong akan mempermudah perawatan padi mulai dari pemupukan dan pemberantasan hama, mengurangi kemungkinan serangan hama karena ada tempat yang kosong, penghematan pupuk karena pemupukan hanya pada tempat dimana padi ditanam, dan dengan sistem jajar legowo kwalitas padi akan semakin bagus karena mendapatkan sinar matahari dengan baik.

Nurbiyanto selaku pemilik lahan mengatakan bahwa pada lahan yang lain ditanami padi menggunakan sistem jajar legowo dan hasilnya sangat bagus untuk itu, pada lahan yang lain juga ditananami padi dengan menggunakan sistem jajar legowo juga.

“Semoga hasilnya akan semakin bagus dan tidak kalah dengan hasil di sawah yang lain” ujarnya disela-sela tanam padi.

Dalam kesempatan yang sama Serma Eka Widiyanta terus berusaha memberikan semangat dan motifasi kepada para petani agar terus berusaha memaksimalkan lahan pertaniannya.

“Jangan pernah putus asa terus semangat dalam penanaman padi, semoga hasil panen padi dari musim ke musim terus mengalami peningkatan sehingga kehidupan petani akan semakin sejahtera, apabila ditemukan kendala dalam merawat tanaman segera lapor ke PPL atau babinsa agar bisa diambil langkah yang tepat sehingga petani tidak mengalami gagal panen” ucap Eka.

Sementara Istarto selaku PPL Desa Kalibening mengatakan, untuk mendapatkan hasil panen yang bagus selain memperhatikan pola tanam jenis bibit juga harus diperhatikan untuk mendapatkan hasil panen serta kwalitas padi yang bagus.

“Petani harus tepat memilih benih padi, gunakan benih padi yang unggul agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal” terang Istarto

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!