Bawaslu Kendal Temukan PPDP Diduga Bermasalah

0
618
- iklan atas berita -

Metro Times Kendal – Bawaslu Kendal temukan puluhan Calon Anggota Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) diduga bermasalah. Puluhan temuan PPDP yang sedang dibentuk KPU Kendal untuk Pemilihan Bupati Kendal Tahun 2020 itu masuk data Sistem Infomasi Partai Politik (SIPOL), lalu belum cukup umur dan terdaftar sebagai Caleg DPRD Kendal pada Pemilu 2019.

 

“Hasil pengawasan kami ada 21 Calon PPDP masuk SIPOL. Diduga mereka anggota parpol, artinya tidak netral. Lalu satu orang belum menuhi syarat umur minimal dua puluh tahun, satunya lagi kemarin jadi Caleg DPRD Kendal Dapil IV saat Pemilu 2019,” kata Kordiv Pengawasan dan Hubal Bawaslu Kendal Achmad Ghozali, Jum’at, (09 Juli 2020) siang.

Terhadap temuan ini, Bawaslu Kendal sudah melayangkan surat kepada KPU Kendal berisi saran perbaikan.

 

ads

“Kami sudah mengirim surat kepada KPU Kendal perihal saran perbaikan dengan surat Nomor 543 Tahun 2020. Agar temuan pengawasan ini segera ditindaklanjuti KPU Kendal,” kata Ketua Bawaslu Kendal Odilia Amy Wardayani.

Odilia menambahkan bahwa dalam rekrutmen PPDP agar pihak KPU Kendal lebih cermat.

 

“KPU Kendal harus lebih cermat dalam rekrutmen jajarannya, khususnya saat ini PPDP. Sebagai pelaksana rekrutmen harus melakukan mekanisme internal lebih ketat untuk memastikan calon PPDP netral,” lanjut Odilia.

Bawaslu Kendal beserta Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa mengawasi rekrutmen PPDP KPU Kendal ini sejak masa pengumuman rekruitmen 24 Juni 2020.

 

Sampai saat ini proses pengawasan masih berlangsung. Calon PPDP ini berasal dari usulan PPS diteruskan ke PPK dan kemudian ditetapkan oleh KPU Kabupaten Kendal. Sebelum dilantik calon PPDP melakukan proses Rapid Test Covid-19.(Gus)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!