- iklan atas berita -

 

 

MetroTimes (Magelang) Serma Sakimun, salah satu anggota Koramil 19 Borobudur Kodim 0705/Magelang terlihat sangat akrab saat menyapa warga binaannya, tepatnya di Dusun Kembanglimus Desa Kembanglimus Kecamatan Borobudur, Minggu (29/04).

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki seorang Babinsa adalah komunikasi sosial. Kegiatan komunikasi sosial disamping untuk meningkatkan hubungan yang harmonis antara Babinsa dengan warga binaannya, kegiatan komsos juga sebagai sarana bertukar informasi sehingga setiap perkembangan situasi di wilayah dapat dipantau sebagai upaya deteksi dini dan cegah dini.

Komunikasi sosial merupakan salah satu metode atau wahana Pembinaan Teritorial bagi satuan komando teritorial, dalam hal Koramil sebagai satuan pelaksana melalui para Babinsanya terus berupaya melakukan pembinaan wilayah yang salah satunya dengan silaturahmi atau anjangsana dengan semua elemen masyarakat di wilayah territorial Koramil.

ads

Kegiatan komsos atau anjangsana ini bertujuan untuk mencapai kesepahaman dan kesamaan persepsi tentang pemberdayaan wilayah pertahanan di darat kepada seluruh komponen bangsa termasuk komponen masyarakat demi tegak dan kokohnya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kegiatan komunikasi sosial yang di lakukan oleh seorang Babinsa dengan seluruh komponen masyarakat di wilayah binaannya terlihat sepele, namun mempunyai implikasi luar biasa dalam menjaga ₩ersatuan dan Kesatuan” papar Sakimun.

Sakimun menambahkan, merupakan kebahagiaan tersendiri ketika warga binaannya dapat menerimanya seperti sahabat bahkan keluarga.

“Situasi keakraban seperti ini harus terus dibangun demi mewujudkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat kerena hakekatnya rakyat adalah ruhnya TNI sehingga diharapkan TNI dan Rakyat terus bersatu, bersama-sama dalam menjaga kedaulatan NKRI” pungkas Sakimun.

Sementara Muhtasib (58) warga Kembanglimus dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa kehadiran dan peran babinsa di desanya sangat penting,

“Dengan hadirnya Babinsa di tengah-tengah warga dapat meningkatkan rasa aman di desanya” kata Muhtasib.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!