- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Ratusan rumah dan belasan desa di beberapa Kecamatan di Purworejo diterjang banjir. Sementara ribuan jiwa terpaksa mengungsi ke tempat yang aman, lantara rumah mereka terendam banjir hampir 1 meter akibat hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur Kabupaten Purworejo pada, tanggal 16-17 Maret 2019 kemarin.

Sekitar 2 ribu jiwa harus mengungsi ke posko pengungsian akibat banjir setinggi 80 cm merendam rumah mereka. Banjir terjadi akibat meluapnya air sungai sekitar yang disebabkan hujan lebat selama dua hari berturut-turut. Hal itu disampaikan Kepala BPBD Kabupaten Purworejo Sutrisno, saat dikonfirmasi metrotimes melalui handphone selulernya pada, Selasa (19/3) sore.

Menurutnya, Banjir terjadi di Kecamatan Bagelen, Kecamatan Purwodadi, Kecamatan Ngombol, Kecamatan Grabag dan Kecamatan Butuh. Namun yang terparah terjadi di Kecamatan Bagelen dan Kecamatan Purwodadi. “Kita bersyukur dari perstiwa itu tidak ada korban jiwa. Dari 2 ribu lebih jiwa yang mengungsi, sekarang hanya tinggal 50 orang di posko Bonjol, yang lainnya sudah pada pulang ke rumah mereka masing-masing,” katanya.

Sementara untuk bantuan yang diterima oleh BPBD Purworejo langsung disalurkan kepada korban banjir dan korban longsor. Salah satu bantuan yang diterima BPBD Purworejo berasal dari BPJS Kesehatan Cabang Kebumen, melalui kegiatan Organization Sosial Responsibility (OSR).

ads

“Kami sangat berterima kasih atas bantuan BPJS Kesehatan Cabang Kebumen dengan kegiatan OSR yang sudah dilaksanakan, koordinasi instansi pemerintah terkait bencana alam memang sangat dibutuhkan karena bantuan yang akan kami salurkan membutuhkan waktu yang cepat,” ucapnya.

Sutrisno juga menambahkan, kegiatan penyaluran Organization Sosial Responsibility (OSR) oleh BPJS Kesehatan dilaksanakan setiap tahun dengan sasaran korban bencana alam, pembangunan sarana prasaran umum, penghijauan, dan lain-lainnya yang dibutuhkan masyarakat di bidang sosial.

Sementara Kepala BPJS Kesehatan Kantor Kabupaten Purworejo, M Nur Khusaeni mengungkapkan, Sebagai komitmen dan tanggung jawab sebagai badan sosial, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kantor Cabang Kebumen menyalurkan Organization Sosial Responsibility (OSR) kepada BPBD Kabupaten Purworejo untuk korban banjir dan sebagainya.

Dikatakannya, Organization Sosial Responsibility (OSR) merupakan tanggung jawab sosial badan untuk berperan serta dalam pembangunan berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat bagi masyarakat.

“BPJS Kesehatan sangat mengedepankan kegiatan Organization Sosial Responsibility (OSR). Salah satu komitmen kami adalah memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, baik dari segi kesehatan maupun dalam hal sosial,” katanya.

BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kebumen memberikan bantuan sembako berupa Mie dan roti ke BPBD Kabupaten Purworejo dan di Desa Bapangsari, Kecamatan Bagelen pada, Senin 18 Maret 2019 kemarin. Jelas M Nur Khusaeni. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!