- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Kampanye antinarkoba terus digencarkan pemerintah. Salah satu sasaran pencegahan penggunaan benda terlarang itu adalah lapas dan rutan.

Upaya peegahan dilakukan Rutan Kelas II B Purworejo dengan mengadakan tes urin terhadap puluhan pegawai dan ratusan warga binaan permasyarakatan (WBP) Rutan II B Purworejo, Kamis (3/9).

“Kami selenggarakan tes urin dan penyuluhan demi mencegah, mengantisipasi peredaran narkoba di dalam rutan,” kata Kepala Rutan II B Purworejo Lukman Agung Widodo.

Tes urin melibatkan petugas Puskesmas Mranti Purworejo dan Polres Purworejo. Personil Polres juga ditugaskan melakukan penggeledahan di dalam ruang tahanan.

Menurutnya, tes urin menyasar 60 pegawai yang bekerja di Rutan II B Purworejo. “Seluruh pegawai tanpa kecuali, alhamdulillah hasilnya semua negatif dari narkoba,” ucapnya.

ads

Sementara untuk WBP, selain dilakukan tes urin, mereka menjalani skrining HIV. Sebanyak 128 WBP menjalani pemeriksaan dan hasilnya negatif untuk narkoba dan HIV.

Selain itu, ketika WBP dikumpulkan di luar kamar, petugas melakukan penggeledahan. Mereka mencari benda-benda terlarang yang kemungkinan disimpan di dalam kamar. Petugas juga tidak menemukan benda terlarang.

Dikatakan, Rutan Purworejo telah menjalin kerja sama komprehensif dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Purworejo dan Polres Purworejo.

“Kedua pihak itu siap mendukung kami dalam menjalankan tugas dan fungsi permasyarakatan, termasuk mengantisipasi peredaran gelap narkoba di dalam rutan,” tandasnya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!