- iklan atas berita -

Metro Times (Kab. Natuna, Riau) Geografi wilayah tetitorial Koramil 06/Serasan Kodim Natuna adalah daerah kepulauan yang berada pada Co 02°27’30” – 02°33’43” LU dan 108°56’14” -109°03’11 BT paling selatan termasuk Provinsi Kepri yang berdekatan dengan Laut Cina Selatan (Laut Natuna Utara), berbatasan dengan perairan laut Negara Malaysia bagian Timur (Kuching Serawak).

Topografi Kecamatan Serasan merupakan tanah berbukit, bergunung dataran rendah dan landai banyak di temukan di pinggiran pantai, ketingian 3-433 meter dari permukaan laut, kecepatan angin 05-20 km/jam luas kecamatan +- 226,58 km2 curah hujan 84-820mm, suhu 2°c – 32°c .

Terbagi dari 1 Kelurahan dan 6 Desa yang jumlah penduduknya 5168 jiwa, masyarakatnya sangat ramah, 90 % berprofesi sebagai Nelayan, beriklim tropis sangat berpengaruh pada perubahan arah angin.

Potensi unggulan anyaman tikar kerupuk ikan dan gula ijuk, pesona alam Kecamatan Serasan dengan pantai dan bawah laut yang indah seperti Pantai Sisi, Pantai Pulau Karang Aji, dan Pantai Teluk Resak, yang menjadi primadona masyarakat awam dan pendatang setiap berkunjung di Kecamatan Serasan.

Untuk memajukan bidang pariwisata, pemerintah pusat, Kabupaten, Kecamatan bahkan Desa sudah berusaha semaksimal mungkin agar pariwisata di Kecamatan berkembang menciptakan lapangan kerja dan usaha baru bagi warga yang ada di Kecamatan Serasan.

ads

Dengan adanya pariwisata tentunya akan ada lapangan pekerjaan baru dan penghasilan yang lebih untuk masyarakat.

Babinsa sebagai benteng pulau terluar mendukung Pariwisata agar daerah maju dan berkembang demi kesejahteraan perekonomian masyarakat.

Dari pemerintah pusat Kecamatan Serasan sendiri ada wacana pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang tentunya dengan pembangunan penunjang tersebut diharapkan pariwisata di Kecamatan Serasan semakin dikenal dan membuahkan hasil untuk masyarakat sekitar.

Camat Serasan Wendryadi S.Sos terus berupaya membuat Pantai Sisi enak di kunjungi, pihaknya menciptakan tempat permainan anak-anak dan tempat-tempat bersantai Pendopo agar warga yang berkunjung bisa berteduh sejenak sambil melihat keindahan Pantai Sisi yang sejuk di waktu sore hari.

Jajaran Kodim 0318/Natuna, Personil Babinsa Koramil 06/Serasan Serda Hendry Purwanto, merupakan benteng pertahanan di pulau terluar sangat mendukung dan selalu memberikan kontribusi positif agar masyarakat dapat merasakan keindahan Indonesia.

“Sudah tugas kami sebagai Babinsa agar daerah binaan kami maju dan berkembang dan ada lapangan kerja yang baru serta tempat yang bisa menghasilkan bagi warga,” ujarnya, Senin (31/8) pagi.

Di tempat terpisah Komandan Kodim 0318/Natuna Letkol Arm Asep Ridwan SH M.Han mengatakan, Babinsa harus mendukung program pemerintah terutama pariwisata agar Natuna berkembang maju dengan keramah-tamahan penduduk dan keindahan alam bawah laut dan pantainya.

“Babinsa bersama masyarakat harus mendukung program pemerintah pusat dan daerah semua agar Natuna khususnya di Pulau Serasan maju dan berkembang,” jelasnya.

Lebih lanjut Dandim menjelaskan kegiatan ini merupakan Kebijakan Pangdam 1/BB Mayjen TNI Irwansyah Ma M.Sc yang disampaikan kepada Danrem 033/Wp Brigjend TNI Harnoto S.Sos bahwa para Babinsa senantiasa turut mempromosikan pariwisata yang ada di Indonesia agar dipandang indah di mata dunia.

“Kami berharap pantai-pantai nan indah di Pulau Serasan Kabupaten Natuna, di isi dengan segala macam infrastruktur yang memadai,” pungkasnya. (rif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!