- iklan atas berita -

METROTIMES (Teminabuan) – Komandan Pangkalan Utama TNI AL XIV Sorong Brigjen TNI (Mar) Hermanto, SE. MM bersama sejumlah Pejabat dilingkungan Lantamal XIV Sorong tinjau lokasi Pos TNI AL Sorong Selatan. Kamis (04/07)  pagi tadi yang terletak di kampung Wersar dan Tapiri Distrik Teminabuan.

Mendampingi Danlantamal XIV Sorong, Asrena Danlantamal XIV Kolonel Laut (E) Yesayas T.M.Silalahi,ST,MT, Dansatrol Lantamal XIV Kolonel Laut (P) Budi Santosa,SE, Dantim Intel Lantamal XIV Letkol  Laut (E) Herry, S.T, M.T, M.Tr (Hanla), Danyonmarhanlan XIV Mayor Mar M. Ali Wardhana, S.E, M.Tr Opsla, serta Kasetum Lantamal XIV Kapten Laut(KH) Budi Sulistiyono.

Hadir dalam kegiatan ini Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggilui, SE, Wakil Bupati Sorong Selatan, Drs Martinus Salamuk, Ketua DPRD Sorong Selatan Jevries N Kewetare, S.P,  Kapolres Sorsel AKBP. Hans Rahmatuloh Irawan, SIK, serta Pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Sorong Selatan.

Danlantamal XIV Sorong Brigjen TNI Mar.Hermanto,SE,MM saat ditemui mengatakan bahwa kunjungan kali ini adalah yang pertama silahturahmi  dengan Pemda Sorong Selatan.

Selain itu jelasnya pula  bahwa pihaknya telah lama melakukan berkoordinasi terkait rencana pembentukan Pos TNI AL di Kabupaten Sorong Selatan.

ads

Dalam kunjungan kali ini merupakan tindak lanjut untuk  melihat secara langsung lokasi berdirinya  Pos TNI AL dan melihat  sejauh mana tempat yang memenuhi syarat pendirian Pos TNI Angkatan Laut.

Saat ini dirinya didampingi staf dan sejumlah pejabat TNI AL  melihat secara langsung lokasi  dan setelah melakukan survey lapangan pihaknya  secara teknis akan mendalami  dan mengkaji kembali dan rapatkan secara kedalam agar dapat direalisasikan sehingga kedepan dapat didirikan sebuah Pos TNI AL di Sorong Selatan.

“Pos TNI AL merupakan  mata telinga TNI AL karena Sorong Selatan merupakan wilayah yang  terdiri dari lautan dan lokasi ini merupakan  muara sungai yang telah dibangun berbagai sarana prasarana, berupa pelabuhan, talud dan sarana pendukung lainya,”ungkapnya.

Selain itu ditambahkanya  bahwa lokasi  ini sangat strategis karena merupakan jalur laut  utama sebagai jalur dan aktivitas warga setiap hari,”terangnya.

Sementara itu Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli, SE saat ditemui mengatakan  bahwa kunjungan Danlantamal XIV Sorong kali ini adalah untuk memenuhi janjinya berkunjung ke Sorong Selatan dan baru saja hari ini terlaksana sekaligus mengokohkan tali silahturahmi.

Bupati menambahkan bahwa Pemda Sorong Selatan  telah melakukan kerjasama dalam rangka pembangunan pos pengawasan TNI AL dan telah disiapkan lahannya untuk sementara ini akan menggunakan bangunan pos yang berada dilokasi kantor Dinas  Kelautan dan  Perikanan Sorong Selatan.

Menurutnya, pihaknya telah menganggarkan dana sebesar Rp 500 Juta  untuk membangun pos TNI AL agar lebih bagus dan lebih luas lagi.

Dijelaskan dengan hadirnya TNI AL dapat memperkuat pemda Sorsel dalam mengawasi keberadaan kapal – kapal yang  melakukan aktifitas  di wilayah hukum Sorong Selatan dan sejumlah aktifitas dibidang kelautan lainya.

Demikian juga disampaikan Ketua DPRD Sorsel Jefries N Kewetare, SP menambahkan bahwa dengan hadirnya TNI AL di Sorong Selatan Pihaknya akan memberikan dukungan penuh baik dari sisi anggaran maupun dari sisi kebijakan,”ungkapnya.

Dalam kunjungan kali ini Bupati Sorsel Samsudin Anggiluli, SE dan rombongan mendampingi Danlantamal melihat  lokasi Pelabuhan Perikanan serta Pelabuhan Wersimar yang rencananya akan dibangun Pos TNI AL yang representative. Sebelumnya digelar prosesi pertukaran cendera mata antara Pemkab Sorong Selatan dengan Danlantamal XIV Sorong yang digelar di resto Sagoe Hotel Mratuwa Teminabuan. (JL)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!