- iklan atas berita -

Metro Times (Magelang) Sebagai insan yang beriman dan bertaqwa, marilah kita senantiasa memanjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT, atas Segala Rahmat dan Karunia-Nya, pada hari ini 17 Agustus 2019 kita dapat melaksanakan upacara dalam rangka memperingati Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Negara kita tercinta, Republik Indonesia.

Komandan Rindam IV/Diponegoro Kol Inf Amrin Ibrahim, S.I.P membacakan amanat Pangdam IV/Diponegoro Mayor Jendral TNI Mochamad Effendi, Sabtu (17/08).

Melalui peringatan kemerdekaan Negara kita yang ke-74 ini, marilah kita mengenang jasa para pahlawan dan pendahulu kita, yang telah mengorbankan jiwa dan raga, berjuang merebut, menegakkan serta mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sejarah perjuangan bangsa Indonesia, dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah, tidaklah mudah dan tidaklah ringan. Para pahlawan kita dan pendiri bangsa, dengan rela serta ikhlas mengorbankan jiwa dan raga, serta harta benda yang mereka miliki, untuk berjuang sampe titik darah penghabisan guna mencapai satu tujuan yaitu Indonesia Merdeka.

Tujuh puluh empat (74) tahun sudah kita menikmati kemerdekaan ini, kita bisa hidup bersama dengan tenteram dan damai di dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia yang bersatu dan berdaulat, menjadi kewajiban kita semua untuk terus menjaga negara dan bangsa ini, dari berbagai ancaman yang dapat merusak sendi-sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

ads

Agar selalu dipedomani oleh seluruh prajurit dan PNS Kodam IV/Diponegoro di manapun berada dan bertugas, bahwa TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, akan senantiasa memegang teguh komitmen sesuai tugas dan kewajiban yang diamanatkan dalam Undang-undang yaitu menjaga kedaulatan Negara Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar RI Tahun 1945, menjaga wilayah NKRI, serta melindungi segenap bangsa dari berbagai bentuk ancaman, baik yang datang dari dalam maupun dari luar negeri.

Dalam rangka melaksanakan komitmen tersebut, kepada seluruh prajurit dan PNS Kodam IV/Diponegoro agar selalu mengikuti setiap perkembangan yang terjadi, baik lingkungan strategis maupun pengaruh global lainnya.

Hal ini sejalan dengan tema dari peringatan Ulang Tahun RI kali ini, yaitu “SUMBER DAYA MANUSIA UNGGUL INDONESIA MAJU”. Oleh karenanya pembangunan sumber daya manusia di lingkungan KODAM IV/Diponegoro harus kita jadikan sebagai prioritas utama dengan tujuan untuk membentuk SDM prajurit yang unggul dan memiliki sikap serta kepribadian yang diharapkan. Kepribadian dan sikap tersebut diantaranya adalah: berdedikasi, jujur, inovatif, tekun dan ulet.

Dengan demikian diharapkan akan terwujud Postur Prajurit Unggul yang selalu mengedepankan Jati Diri Sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Nasional dan Tentara Profesional.

“Dirgahayu Republik Indonesia ke 74 ‘SDM Unggul Indonesia Maju, NKRI Tetap Utuh, Pembangunan Maju dan Rakyat Rejahtera,” jelas Pangdam IV/Diponegoro dalam amanatnya yang dibacakan oleh Danrindam IV/Diponegoro. (Arif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!