Ustad Ali kunjungi nelayan di Bandengan yang baru melaut
- iklan atas berita -

Metro Times Kendal – Usai melakukan kunjungan ke Kelurahan Candiroto Kecamatan Kendal, kunjungan untuk serap aspirasi masyarakat dilanjutkan KH Ali Nurudin di wilayah pesisir Kecamatan Kendal, tepatnya di Kelurahan Bandengan.

Warga Bandengan yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan menyambut baik kedatangan Calon Bupati (Cabup) Kendal yang biasa disapa Ustad Ali ini.

Teguh (32) warga Bandengan saat dikunjungi pengasuh Ponpes Jabal Nur Kaliwungu yang maju sebagai Cabup Kendal melalui DPC PKB Kendal mengeluhkan masalah rob yang sudah menjadi langganan setiap tahun di Bandengan, namun sampai sekarang belum ada upaya dari pemerintah untuk menanggulangi masalah tersebut.

Selain itu, sebagai seorang nelayan dirinya juga mengeluhkan pendapatannya yang tidak sebanding dengan operasional yang dikeluarkan.

Dikatakan, harga ikan di pasaran rendah sementara harga bahan bakar justru tinggi. Belum lagi, cuaca yang tidak menentu, menyebabkan hasil tangkapan ikan tidak sesuai yang diharapkan.

ads

“Hasil yang kami dapatkan tak sebanding dengan biaya operasional yang kami keluarkan. Untuk menutupi kebutuhan sehari-hari kami harus gali lobang tutup lobang. Tolong pemerintah bisa membantu mencarikan solusinya,” ucap Teguh, sabtu (25/7/2020).

Terkait masalah rob, Sudarso, tokoh masyarakat setempat, menerangkan setiap tahun terjadi penurunan permukaan tanah, sementara permukaan air laut meningkat. Akibatnya rob yang sudah menjadi langganan tak terhindarkan.

Mendapati keluhan tersebut, KH Ali Nurudin atau yang akrab disapa Ustad Ali, menyampaikan keprihatinannya. Calon bupati Kendal yang akan diusung oleh PKB pada Pilkada 2020 ini mengaku telah menyiapkan sejumlah program untuk meningkatkan kesejahteraan para nelayan.

“Tadi saya dengar di sini nelayan punya kelompok usaha bersama. Perlu ada pendampingan pengembangan usaha dan bantuan akses permodalan agar kelompok usaha nelayan ini bisa berkembang dan mensejahterakan anggotanya,” terang Ustad Ali.

Selain itu, imbuhnya, juga bantuan sarana dan prasarana yang diperlukan nelayan. Dari peralatan penangkap ikan sampai teknologi pengolahan ikan.

“Terkait masalah rob, perlu upaya komprehensif. Perlu dipetakan apa masalahnya dan apa solusi yang tepat. Insya Allah masalah masyarakat nelayan menjadi salah satu prioritas yang akan saya benahi jika mendapatkan amanah untuk memimpin Kendal,” pungkasnya.

Sebelum berkunjung ke Bandengan, Ustad Ali mengunjungi pelaku UMKM di Di Kelurahan Candiroto. Pengasuh pesantren Jabal Nur ini berbincang dengan produsen usaha rumahan bakpao, tempe dan tahu.(Gus)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!