- iklan atas berita -
Metro Times (Semarang) – Dewan Pendidikan Kota Semarang (DPKS) merintis kerjasama dengan Dewan Pendidikan Kota Depok Provinsi Jawa Barat (Jabar) untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di kedua daerah ini.
Ketua DPKS Dr Drs Budiyanto SH,  M.Hum mengatakan rintisan kerja sama itu diawali dengan silaturahmi dan diskusi pengurus kedua lembaga dewan pendidikan itu di aula Gedung Moch Ichsan lantai 8 Balai Kota Semarang, Selasa (17/10)
“Kami berbagi pengalaman dalam agenda silaturahmi dan diskusi upaya peningkatan kualitas dan mutu pendidikan yang dilakukan selama ini di wilayah masing-masing,” kata Budiyanto di Semarang, Kamis (19/10)
Menurut Budiyanto, banyak hal dan informasi yang diperoleh kedua pihak mulai dari keberhasilan hingga kendala dalam menjalankan tugas peran dan fungsi (turansi) dewan pendidikan sebagaimana diamanatkan dalam UU Sisdiknas dan regulasi-regulasi turunannya baik di tingkat pusat maupun daerah.
Pada forum ini, lanjutnya, DPKS menginformasikan kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan selama ini mulai dari tahap penyiapan, pelaksanaan, evaluasi hingga penyusunan rekomendasi yang disampaikan kepada Walikota Semarang.
Dia menambahkan, selain itu sebagai institusi yang merepresentasikan keterwakilan masyarakat yang menjadi mitra Walikota Semarang dalam upaya mewujudkan peningkatan kualitas dan mutu pendidikan di ibukota Provinsi Jateng ini, DPKS mengarusutamakan program dan kegiatan yang melibatkan partisipasi masyarakat, terutama masyarakat pendidikan.
Ketua Dewan Pendidikan Kota Depok, Dedy Martoni SPd, M.Si mengatakan bersama sembilan orang pengurus lembaga yang dipimpinnya, sebelum bersilaturahmi di Semarang, sehari sebelumnya melakukan kegiatan yang sama dengan Dewan Pendidikan Kota Cirebon Jabar.
“Dari Semarang kami akan melanjutkan kegiatan yang sama ke Dewan Pendidikan Kota Malang Jawa Timur (Jatim). Kami berharap melalui kegiatan ini akan memperoleh masukan-masukan yang dapat dimanfaatkan untuk memajukan dunia pendidikan di Kota Depok,” katanya.
Menurutnya, dari silaturahmi dan diskusi di Cirebon, Dewan Pendidikan Kota Depok memperoleh banyak masukan, diantaranya upaya-upaya kongkrit dalam  mengoptimalkan turansi dewan pendidikan dan membangun semangat partisipasi masyarakat masyarakat melalui berbagai program kerjasama.
Sedangkan dari Semarang, ujarnya, pihaknya juga mendapat banyak  masukan, terutama keberhasilan dalam membangun sinergitas bersama dengan pemangku dan pelaksana kebijakan pendidikan, sehingga dinamika pendidikan di Kota Semarang bergerak dinamis, inovatif dan kreatif.
“Kami bersama DPKS akan memperluas kerjasama setelah agenda silaturahmi dan diskusi ini berlangsung, mohon doa restu semoga upaya meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan yang bersama-sama kami tempuh berhasil dan sukses,” tutupnya. (af).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!