- iklan atas berita -

Metro Times (Magelang) Pos Lansia Bunda Harapan, RW XII Kelurahan Tidar Selatan, Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang, melaksanakan kegiatan rutin pemeriksaan bagi Lansia. Kegiatan dilaksanakan di Balai RW XII Kelurahan Tidar Selatan Kecamatan Magelang Selatan Kota Magelang, Sabtu (07/03) pagi.

Kegiatan Pos Lansia tersebut rutin dilaksanakan setiap minggu pertama di awal bulan. Lansia diperiksa oleh tenaga medis dari Puskesmas Magelang Selatan.

Tenaga medis Puskesmas Magelang Selatan, Endang Wuryaningsih mengatakan, pemeriksaan diperuntukkan untuk warga pra lansia yang berumur dari mulai 45-59 tahun dan lansia yang berumur 59 tahun ke atas. Pemeriksaan dilaksanakan untuk mengetahui lebih dini penyakit yang mungkin di deritanya.

“Pemeriksaan untuk mendeteksi lebih dini kondisi lansia dan jika ada keluhan atau pemeriksaan lebih lanjut, kami rujuk ke Puskesmas,” terangnya.

Lebih lanjut, Endang menjelaskan, pemeriksaan yang dilakukan antara lain mengecek tensi darah, berat badan, tinggi badan dan lingkar perut guna mengecek lemak pada Lansia. Lingkar perut normal antara 80-90cm.

ads

“Selain memeriksa juga ada penyuluhan untuk menjaga kesehatan lansia dan senam otak untuk memperlambat kepikunan,” ucap Endang.

Wakil Walikota Magelang, Dra. Windarti Agustina, yang berkesempatan hadir ke pelaksanaan Pos lansia tersebut, mengikuti senam otak yang di instruksikan oleh Endang.

Orang Nomer Dua di Kota Magelang tersebut mengaku kegiatan tersebut merupakan kegiatan membantu program pemerintah untuk menjaga kesehatan masyarakat khususnya lansia.

“Dengan rajinnya (lansia) memeriksakan ke Pos Lansia dapat mendeteksi dini penyakit-penyakit yang mungkin bisa di derita oleh lansia,” jelas Windarti.

Ia berharap untuk lansia bisa rajin memeriksakan kesehatannya guna menjaga kesehatan. (ata/rif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!