- iklan atas berita -

Metro Times (NTT) Bangsa Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak keanekaragaman suku dan budaya, hal tersebut dijadikan Satgas Yonarmed 3/105 Tarik dalam melestarikan warisan tersebut dengan membantu membangun pembuatan Rumah Adat Timor di wilayah Desa Eban.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonarmed 3/105 Tarik, Letkol Arm Laode Irwan Halim, S.I.P., M.Tr. (Han)., dalam rilis tertulisnya di Desa Eban, Kecamatan Miomaffo Barat, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur, Rabu (16/9/2020).

Diungkapkan Dansatgas, bermacam-macam Budaya yang ada di Indonesia tidak menyurutkan Satgas Yonarmed 3/105 Tarik dalam merangkul masyarakat perbatasan guna menyatukan keanekaragaman tersebut.

“Uniknya fungsi dan kegunaan rumah adat ini menjadi daya tarik tersendiri bagi personel Satgas untuk langsung membantu proses pembuatannya, karena hanya di tanah timor kita bisa melihat bentuk rumah yang seperti ini,” ucapnya.

“Selain itu membantu proses pembuatan, personel Satgas juga bertujuan untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat desa guna menciptakan ikatan yang harmonis,” tambahnya.

ads

Lebih lanjut dikatakan, beberapa anggota yang terjun langsung ke lokasi pembuatan rumah adat mengaku merasa tertarik dengan bentuk serta cara pembuatan warisan Budaya Timor tersebut.

“Selain itu, pembuatan rumah adat ini sebagai warisan budaya tanah timor agar terjaga kelestariannya,” imbuhnya.

Disisi lain, terlihat senyum dan tawa masyarakat desa berkat kehadiran anggota Satgas yang turut membantu tahap demi tahap proses pembuatan rumah tersebut.

Bapak Michael Naben (60) selaku masyarakat desa yang memiliki hajat pembangunan rumah tersebut menjelaskan kegunaan rumah tersebut adalah untuk menyimpan hasil panen dibagian atas dan juga dapat dijadikan tempat tinggal untuk bagian bawah.

“Saya ucapkan terimakasih pada bapak TNI yang telah membantu kami,semoga Satgas TNI dapat menciptakan Indonesia yang solid dan kompak,” ucapnya. (rif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!