- iklan atas berita -
Metro Times (Semarang) – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Walisongo posko 20 berkolaborasi dengan Karang Taruna Perumahan Korps Cacat Veteran Republik Indonesia (KCVRI) dan TPQ El Ical Perum KCVRI menggelar kegiatan kemah memperingati Hari Santri Nasional (HSN)tahun 2023 yang bertepatan pada hari Minggu, 22 Oktober 2023. Kegiatan kemah tersebut bertempat di lapangan perumahan KCVRI RT 4. RW 7.
Anastasia Maharani, mahasiswa KKN UIN Walisongo posko 20 menuturkan, kegiatan kemah ini diikuti oleh santri TPQ El Ical sebanyak 23 anak dan remaja karang taruna sebanyak 10  orang. Karena kebanyakan santri TPQ El Ical masih dibawah umur sehingga kegiatan ini tetap dibawah pengawasan orang tua. Adapun tema kegiatan kemah tersebut yakni; “Kemah Cinta Anak KCVRI” artinya semua anak hidup penuh cinta, maka cinta menjadi bagian pokok bagi anak-anak semuanya sampai kapan pun.
Tasya sapaan akrab Anastasia Maharani membeber, para santri TPQ El Ical sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan kemah tersebut. Sebelum upacara api unggun dimulai, mahasiswa KKN mengajak para santri untuk bersenang-senang dan bermain game. Upacara api unggun dilaksanakan dengan hikmat. Ikrar santri pun dibacakan oleh petugas sebelum penyalaan api unggun.
“Tujuan dari kegiatan kemah ini selain untuk memperingati Hari Santri Nasional 2023, juga untuk melatih ketrampilan, meningkatkan kerja sama, melatih kepedulian untuk menjaga alam anak,” ucap Anastasia Maharani, Sabtu (21/10).
Tasya melanjutkan, selain api unggun, game dan pembacaan ikrar santri. Acara selanjutnya adalah pensi dari para santri, hal ini bertujuan untuk melatih keberanian, percaya diri dan mengembangkan bakat santri sejak dini. Kegiatan selanjutnya mahasiswa KKN, para santri, dan remaja karang taruna  berdiri melingkar sambil menyanyikan lagu “kemesraan” bersama. Kegiatan ditutup dengan mushofahah atau bersalam-salaman guna saling mengenal antar sesama santri maupun mahasiswa KKN.
“Harapan saya dimasa depan, anak-anak tersebut bisa menjadi penerus pemimpin bangsa yang baik dan bertanggung jawab,” harapnya
Sementara itu, Zainal Anwar selaku Ustadz TPQ El Ical menyampaikan ucapan selamat datang dan terimakasih kepada Tim KKN UIN Walisongo. “semoga kalian bisa bersinergi dengan anak-anak disini, pada prinsipnya KKN ini bagian dari proses belajar dalam masyarakat bukan untuk mengajari masyarakat tetapi mahasiswa tetap belajar pada masyarakat,” ujar Zainal Anwar. (af).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!