- iklan atas berita -

 

Metro Times (Surabaya) – Seiring perkembangan jaman, banyak budaya asing yang masuk ke Indonesia. Masuknya budaya asing ini memberikan pengaruh positif maupun negatif kepada semua golongan masyarakat terutama anak muda. Pengaruh positif yang terlihat pada generasi muda adalah menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam berbagai bidang, selain itu pertukaran dan akulturasi budaya terjadi dalam budaya tradisional Indonesia. Di lain pihak, dampak negatif terlihat dalam selera generasi muda yang lebih menyukai budaya maupun produk buatan negara lain, sehingga mulai melupakan budaya tradisional Indonesia (lagu-lagu dareah, tarian daerah).

 

ads

Berangkat dari pergumulan tersebut, UPH Kampus Surabaya berusaha untuk mengarahkan generasi muda untuk tidak melupakan budaya tradisional Indonesia melalui kegiatan UPH Festival 2019. UPH Festival sendiri merupakan acara tahunan yang diselenggarakan UPH dalam rangka menyambut mahasiswa baru. Penyambutan mahasiswa baru tidak lagi dilakukan melalui kegiatan ospek yang mengarah pada perploncoan, melainkan disebut sebagai festival, yang diisi dengan seminar, pengenalan kampus, fun games, dan ditutup dengan pentas seni dan talk show. UPH Festival juga menjadi ajang bagi UPH untuk berbagi kegembiraan dengan masyarakat luas, khususnya kaum muda di Surabaya. Tahun ini, penutupan UPH Festival diadakan pada tanggal 17 Agustus 2019, bertepatan dengan HUT ke-74 Republik Indonesia. Oleh karena itu, pentas seni pada acara penutupan UPH Festival mengangkat tema “Budaya Nusantara”. Berlangsung di Atrium City of Tomorrow (CITO) Mall Surabaya, UPH mempersembahkan pentas seni yang menampilkan berbagai budaya tradisional, seperti: Tarian Toraja, Tarian NTT, lagu-lagu daerah dan masih banyak lagi. 

Selain art performance yang ditampilkan, UPH Festival 2019 di Kampus Surabaya juga dimeriahkan dua bintang tamu, yaitu Han Yoo Ra dan Edho Zell, melalui kegiatan Talk Show. Han Yoo Ra dan Edho Zell adalah Youth Influencer yang bergerak di bidang industri kreatif. Keduanya merupakan YouTubers yang mengunggah banyak video dengan konten positif yang dinikmati oleh kalangan muda, masing-masing dengan tema dan keunikannya sendiri. Selain YouTubers, masing-masing juga memiliki kesibukan baik di acara televisi, media sosial, maupun kegiatan sosial yang mereka lakukan di masyarakat. Melalui sharing dan tanya jawab bersama mahasiswa, diharapkan keduanya dapat memberikan inspirasi dan pengaruh positif untuk anak muda, khususnya mahasiswa baru UPH Kampus Surabaya.(nald) 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!