Mujib Rohmat: Gerakan Cinta Tanah Air Harus Terus Dikumandangkan

0
541
- iklan atas berita -

 

Metro Times (Kendal) Anggota MPR RI, Mujib Rohmat saat melakukan sosialisasi empat pilar kebangsaan bersama KNPI Kendal di Aula Kecamatan Kota Kendal, senin (23/12/2019) kemarin menegaskan bahwa, isu atau gerakan cinta tanah air harus selalu disuarakan sesuai dengan konteks perkembangan zaman.

“Gema gerakan cinta tanah air harus selalu disuarakan, terutama pada kalangan pemuda, agar tumbuh rasa nasionalisme pada Bumi Pertiwi,” kata Mujib Rohmat.

Dirinya juga mengatakan, demi terjaganya persatuan dan kesatuan maka sangat penting adanya upaya untuk terus meningkatkan dan menumbuhkan rasa nasionalisme ditengah-tengah masyarakat, terutama kepada para pemuda. Sebab, bangsa ini dibangun diatas banyak perbedaan, mulai dari suku, agama, ras dan budaya.

“Disinilah pentingnya untuk terus mengumandangkan isu nasionalisme sampai kapanpun. Terutama kepada generasi muda agar bisa merawat generasi tradisi Bhineka Tunggal Ika,” tuturnya.

ads

Menurut Mujib Rohmat, persatuan dan kesatuan bangsa harus senantiasa terjaga. Terutama di tengah tantangan bangsa saat ini yang semakin komplek. “Maka empat pilar kebangsaan disini memiliki fungsi untuk menegaskan jati diri bangsa Indonesia,” katanya. Empat Pilar MPR RI kebangsaan yang dimaksud yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Generasi muda menurutnya harus mengetahui dan memahaminya. Sebab mereka akan menjadi penerus bangsa. Sehingga kelak ke depan tidak terpengaruh akan isu-isu yang merongrong persatuan dan kesatuan bangsa. Baik yang mengatasnamakan agama, suku, budaya dan ras ataupun kepentingan antar golongan. “Generasi muda adalah penentu nasib akan maju dan mundurnya bangsa ini,” tegasnya.

Isu-isu kebangsaan Indonesia menurut Mujib membutuhkan respon dari para pemuda Indonesia. Terutama masalah kebangsaan yang muncul belakangan ini, mulai dari persoalan penggantian ideologi Pancasila, persoalan ras yang masih belum selesai hingga isu separatis di Papua.

Hal itu menurutnya membutuhkan sikap dan semangat persatuan dan kesatuan bangsa. KNPI sebagai organisasi perkumpulan para pemuda diharapkan melakukan upaya-upaya untuk meminimalisir beberapa isu kebangsaan tersebut.

“Dulu ada penataran P4 yang menjadi cara sosialisasi Pancasila, termasuk di kalangan para pemuda. Sekarang ada Sosialisasi Empat Pilar agar nilai-nilai empat pilar bisa diresapi oleh kalangan pemuda,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua KNPI Kendal, Nanang Husni Faruk mendukung kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI tersebut. KNPI sebagai elemen pemuda mempunyai tugas dan kewajiban untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dengan mempersatukan para organisasi pemuda.

“KNPI merupakan organisasi yang terdiri dari para pemuda yang tergabung dalam berbagai organisasi kepemudaan (OKP), sudah menjadi kewajiban kami untuk ikut menjaga persatuan dan kesatuan bangsa”, kata Nanang. (Gus)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!