- iklan atas berita -

Metro Times (Semarang) – Kebersihan lingkungan, terlebih rumah Ibadah, baik Masjid atau Mushola menjadi perhatian serius oleh para mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler 81 UIN Walisongo Posko 20 Desa Gedangan. Sebab, mayoritas masyarakat Desa Gedangan beragama Islam.

Kegiatan membersihkan Masjid dan Mushola tersebut akan dilakukan secara bergilir pada setiap dusun di Desa Gedangan. Adapun Masjid yang disasar pertama adalah Masjid Baiturrohmah, Masjid tersebut merupakan satu dari tujuh Masjid yang dimiliki Desa Gedangan, tepatnya di RW 6 Dusun Gedangan Desa Gedangan Kecamatan Tuntang. Di sekeliling Masjid tersebut terdapat TPQ Nurussholeh, RA Masyitoh, MI Ma’arif, dan SMP Nusantara.

Koordinator desa (Kordes) KKN UIN Walisongo posko 20, Muhammad Abdul Ghofur mengatakan, untuk meningkatkan rasa nyaman dalam beribadah, pihaknya melakukan pembersihan di masjid. “Dengan aksi bersih-bersih Masjid ini, saya berharap sjamaah bisa betah dan nyaman dalam melakukan ibadah,” ucap Ghofur disela acara bersih-bersih Masjid, Minggu (15/10).

Ghofur membeber, kegiatan bersih-bersih berlangsung mulai pukul 08.30-12.00 WIB. Dengan semangat tinggi, tim pun mulai membersihkan beberapa sisi Masjid. Mulai dari membersihkan sarang laba-laba yang berada di langit-langit masjid, memvakum karpet sholat yang berdebu, menyapu dan mengepel lantai masjid. “Selain itu, tim KKN juga melakukan pembersihan sanitasi dengan membersihkannya kamar mandi dan tempat wudhu,” urainya

Takmir Masjid Baiturrohmah Gedangan, Makhasin memberikan apresiasi kepada tim KKN posko 20. “Terimakasih atas inisiatif kalian, kegiatan ini sangat baik.
KKN memang sudah seharusnya melayani masyarakat, baik yang bersifat keagamaan atau peribadatan maupun umum, seperti kegiatan kerja bakti membersihkan masjid ini,” jelasnya.

ads

Masih menurut Makhasin, melalui kegiatan bersih-bersih di Masjid Desa Gedangan, mahasiswa KKN UIN Walisongo menyemarakkan jiwa gotong royong dan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan khususnya masjid.
“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini agar masyarakat sekitar tergerak menjaga kebersihan lingkungan sekitar,” harapnya. (af).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!