- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Purworejo memberikan penghargaan kepada para juara Lomba Pembina Gudep dan Kamabigus Berprestasi Kwarcab Purworejo Tahun 2021. Peringkat 1 dari masing-masing golongan nantinya juga akan mewakili Kwarcab Purworejo dalam ajang serupa di tingkat Kwarda Jawa Tengah.

Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Ketua Kwarcab Purworejo, Drs Pram Prasetya Achmad MM, didampingi sejumlah pengurus Kwarcab di Sanggar Bhakti Pramuka Purworejo, Senin (10/5).

Pada kategori lomba Kamabigus Golongan Siaga, juara 1-3 berurutan yakni Endang Titik Lestari MPd dari SDN Candisari Kwaran Banyuurip, Jumariyah SPd Jas dari SDN Kaliharjo Kwaran Kaligesing, dan Siti Komsatun dari SDN Jatiwangsan Kwaran Kemiri. Kemudian untuk Kamabigus Golongan Penegak hanya ada juara 1, yakni Cahyo Winarno SPd MPd dari SMAN 5 Purworejo Kwaran Loano.

Pada kategori lomba Pembina Golongan Siaga, juara 1-3 berurutan yakni Winasti Nova Widiarti MPd dari SDN Kemiri Kwaran Kemiri, Agung Hariadi dari SDN Kaliwungu Kwaran Ngombol, dan Dwi Endang Palupi SPd dari SDN Kaliwatubumi Kwaran Butuh. Juara 1-3 untuk Pembina Golongan Penggalang berurutan diraih Hana Sekar Binri SPd dari SMPN 2 Purworejo Kwaran Purworejo, Muhammad ‘Asyim dari SMPN 18 Purworejo Kwaran Kemiri, dan Eka Retnawati SPd dari SMPN 14 Purworejo Kwaran Butuh.

Sementara untuk kategori Pembina Golongan Penegak, juara 1 diraih Ratna Dewi Sukowati SPd dari SMAN 2 Purworejo Kwaran Kutoarjo dan juara 2 diraih Ruri Purnamawati SPd dari SMAN 5 Purworejo Kwaran Loano.

ads

“Lomba Pembina Gudep dan Kamabigus Berprestasi Kwarcab Purworejo Tahun 2021 bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan dan keterampilan anggota Gerakan Pramuka dewasa guna meningkatkan kemampuan membina pramuka dalam mengasuh peserta didik dan mengelola satuannya sehingga mutu kegiatan semakin meningkat dan terarah sebagai pembentukan peserta didik berkarakter,” kata Ketua Panitia Lomba, Kuntari Watini SPd MMPd.

Disebutkan, lomba digelar sejak tanggal 3 hingga 10 Mei 2021. Selama itu, sebanyak 26 orang yang menjadi peserta menjalani berbagai tahapan seleksi secara Daring dan Luring. Beberapa di antaranya yakni pemberkasan portofolio, tes tertulis, pembuatan best practise, dan pemaparan.

“Setelah pelaksanaan seleksi di tingkat Kwarcab, selanjutnya peserta dengan peringkat 1 dari masing-masing golongan akan mewakili Kwarcab Purworjo di ajang lomba serupa di tingkat Kwarda Jawa Tengah yang dimulai seleksi administrasi mulai tanggal 1 hingga 30 Mei 2021,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Purworejo mengungkapkan bahwa gerakan kepramukaan terus berupaya untuk menyiapkan generasi penerus bangsa yang berkarakter, meskipun menghadapi pandemi yang belum berkesudahan. Menurutnya, pembelajaran di sekolah secara daring saat pendemi ini tidak dapat maksimal dalam menanamkan nilai-nilai patriotrisme atau membangun kedisiplinan terhadap simbol-simbol negara.

“Makanya saya sangat berharap kita terus bisa mengawal karena salah satu yang kita upayakan adalah genarasi yang akan datang paham tetang cita-cita bangsa, paham tentang nasionalisme, paham tentang semangat cinta tanah air, dan paham harus semangat mempertahankan NKRI,” tegas Pram Prasetya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!