- iklan atas berita -

METRO TIMES ( Ambon ) Rapat koordinasi ini mengusung tema : ”Membangun Sinergi Pembangunan Perkebunan di wilayah Timur Indonesia guna mendukung peningkatan mutu, nilai tambah dan daya saing produk perkebunan guna mempercepat pemulihan ekonomi Nasional”

Tujuan dari rapat kordinasi ini adalah :
Menyamakan persepsi antara Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam rangka akserelasi dan sinergitas pelaksanaan kegiatan perbanihan dan perlindungan tanmaan perkebunan di wilayah kerja BBPPTP Ambon

Mengidentifikasi permasalahan daerah terkait perbenihan dan perlindungan tanaman perkebunan dan secara bersama-sama mencari solusi penyelesaian serta mensinergikan kebijakan program kegiatan tingkat pemerintah Pusat, Provinsi hingga Kabupaten/Kota.

Mendiskusikan dan membahas berbagai permasalahan dan tantangan yang sedang dan akan dialami di dalam kegiatan perbenihan dan perlindungan tanaman perkebunan di wilayah kerja BBPPTP Ambon khususnya bagi perkebunan rakyat ke depan.

Menyelaraskan program dan kegiatan Pusat dan SKPD subsektor perkebunan dengan subsektor lainnya dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan prioritas kegiatan perbenihan dan perlindungan tanaman perkebunan dengan daerah.

ads

Untuk mengetahui sejauh mana perkembangan kegiatan yang telah dilaksanakan pada tahun sebelumnya dan hambatan-hambatan di dalam pelaksanaannya.

Dasar dari kegiatan ini adalah:
DIPA BBPPTP Ambon No. SP DIPA-018.05.2.567717/2022, tanggal 17 November 2021.
Kerangka Acuan Kegiatan (KAK) kegiatan Rapat Koordinasi Kegiatan Perbenihan dan Perlindungan di Wilayah Kerja BBPPTP Ambon TA. 2022.

Pertemuan ini dihadiri oleh narasumber
Sekretaris Ditjen Perkebunan
Direktur Perbenihan Perkebunan
Direktur Perlindungan Perkebunan
Direktur Tanaman Semusim dan Rempah
Direktur Tanaman Tahunan dan Penyegar
Direktur PPHP Perkebunan
Dekan Fakultas Pertanian Universitas Pattimura;
Dekan Fakultas Pertanian Universitas Hasanudin;Dekan Sekolah Vokasi IPB University;

Peserta pada pertemuan ini adalah:
Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Daerah 10 Provinsi di wilayah kerja BBPPTP Ambon beserta kepala Bidang dan UPTD yang membidangi proteksi,
perbenihan, dan sertifikasi tanaman perkebunan sebanyak …. orang;
Kordinator ULPP dan nursery tanaman perkebunan BBPPTP Ambon sebanyak 20 orang;
Perwakilan Petani Regu Sahabat Si Ben sebanyak 5 orang.

Dalam kesempatan ini akan dilaksanakan penandatangan prasasti peresmian fasiltas perbenihan dan proteksi yang dibangun untuk meningkatkan kinerja BBPPTP Ambon yakni :
Nurseri Tanaman Perkebunan
Laboratorium Biomolekuler yang berlokasi di kantor BBPPTP Ambon
Gedung kantor Unit Layanan
Perbenihan dan Proteksi yang berlokasi di Hila, kabupaten Maluku Tengah dan
Gedung Asrama sebagai tempat fasilitas pelatihan Sumber Daya Manusia.

Dirangkaikan juga dengan penandatangan :
Perjanjian Kerjasama antara Direktorat Jenderal Perkebunan dengan Universitas Pattimura sebagai bentuk dukungan dalam peningkatan produksi komoditas perkebunan
Penandatanganan Perjanjian Kerjasama BBPPTP Ambon dan Sekolah Vokasi IPB Universitas dalam rangka dukungan produksi benih kelapa di nursery tanaman perkebunan.

Dalam acara ini juga akan di kukuhkan Regu Sahabat Siben sebagai mitra kerja BBPPTP Ambon di lapangan untuk mengawal perkembangan OPT dan pemantauan benih edar di wilayahnya.

Dan akan ditutup dengan Soft launching Aplikasi terbaru BBPPTP Ambon yakni Sahabat Siben sebagai sarana komunikasi interaktif antara BBPPTP Ambon dengan petani.

Pada akhirnya kami menyampaikan terima kasih dan penghargaaan bagi nara sumber yang telah berkenan hadir dan akan memberikan banyak masukan bagi kami dan semua provinsi di wilayah timur guna membangun sinergi dalam mengemban tugas di sektor perkebunan. Serta penghargaan bagi semua peserta yang berkenan hadir dalam acara ini.

Demikian dapat kami sampaikan, dan pada akhirnya kami mohon arahan dan bimbingan Bapak Direktur Perlindungan Perkebunan yang dalam hal ini mewakili Bapak Dirjen Perkebunan dan kami mohon perkenan Bapak Sekda Provinsi Maluku untuk memberikan sambutan ,sekaligus membuka kegiatan Rapat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!