- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Peresmian jalan permukiman berlangsung unik di wilayah RT 02 RW 02 Kelurahan Kledung Karangdalem Kecamatan Banyuurip Kabupaten Purworejo, Minggu (20/10) pagi. Seratusan warga menyatu untuk melakukan olahraga senam bersama di sepanjang jalan cor blok hasil dari pembangunan yang dibiayai Dana Kelurahan.

Meski berada di sudut tepi perkampungan, suasana berlangsung meriah selayaknya Car Free Day (CFD). Warga yang datang tidak hanya dari wilayah RW 02 yang memang telah mendeklarasikan diri sebagai Rintisan Kampung Olahraga. Sejumlah warga dari RW lainnya pun antusias mengikutinya.

Untuk menyemarakkan acara, instruktur senam professional dari Sanggar Senam Cipat Ciput Purworejo dihadirkan.

“Aktivitas senam seperti ini sebenarnya kita sudah rutin setiap sore. Ini kebetulan pasa ada road show sanggar senam untuk mendukung Germas, jadi sekalian kita ramaikan untuk peresmian sekaligus syukuran penggunaan jalan,” kata Ketua RT 02 RW 02, Istingal Aji.

ads

Selain senam, peresmian juga dirangkai dengan bazar kuliner dan kerajinan yang dimotori oleh ibu-ibu Dasawisma. Kalangan anak-anak dilibatkan dalam penjualannya untuk melatih jiwa kewirausahaan. Ada juga pemeriksaan kesehatan gratis bagi kaum lansia oleh Posyandu Lansia.

“Ada tiga Dawis yang nama-namanya juga kita jadikan nama gang, yaitu Melati, Teratai, dan Mawar. Harapannya jalan yang baru selesai dibangun ini akan membawa banyak manfaat bagi masyarakat,” jelasnya.

Ketua RW 02, Suratno, menyebut jalan cor blok sepanjang lebih kurang 185 m yang diresmikan warga RT 02 tersebut dibangun menggunakan alokasi dana kelurahan tahun 2019. Sementara panjang jalan yang dibangun atau ditingkatkan di wilayah RW 02 sekitar 303 meter kubik atau 612 meter.

Pihaknya mengapresiasi adanya inisiatif warga untuk meresmikan penggunaan jalan dengan berbagai aktivitas positif. Hal itu sejalan dengan visi dan harapan RW 02 yang telah ditetapkan sebagai rintisan Kampung Olahraga pada 9 Mei 2018.

“Harapannya aktivitas seperti ini bisa terus berlanjut setiap pagi. Selain menyehatkan dan menghidupkan perekonomian, ini juga menjadi sarana kerukunan warga,” ungkapnya.

Apresiasi juga disampaikan oleh Lurah Kledung Karangdalem, Sapto Nugroho Ssos, yang hadir bersama Sekretaris Kelurahan, Triyadi. Pihaknya pun menaruh harapan yang sama agar warga dapat terus menggeliatkan aktivitas olahraga sekaligus kreatif dalam mengembangkan perekonomian. Lebih dari itu, warga dapat bersama-sama merawat sebaik mungkin fasilitas jalan yang ada.

“Sebagai lurah baru, saya sangat mengapresiasi dan mendukung aktivitas yang dilakukan warga ini,” tegasnya.

Disebutkan, pada tahun ini Kledung Karangdalem menerima alokasi dana Kelurahan sekitar Rp1,82 miliar. Jumlah itu tidak hanya untuk pembangunan infrastruktur di 4 RW, melainkan juga pembiayaan lain seperti administrasi, pemberdayaan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan.

“Ini tahun pertama dana Kelurahan. Untuk pembangunan jalan permukiman semua sudah selesai,” imbuh Triyadi. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!