- iklan atas berita -

Metro Times (Semarang) – Untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di kota Semarang maka semua satuan pendidikan (Satpen) harus siap berkolaborasi dengan Dewan Pendidikan Kota Semarang (DPKS) untuk bersama-sama melakukan inovasi dalam menghadapi berbagai kendala.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Dr Bambang Pramusinto SH, SIP, M.Si mengatakan, tantangan dunia pendidikan yang harus diselesaikan satpen sebagai ujung tombak negara dalam mencerdaskan anak bangsa di Semarang tidak sedikit.
“Tidak mungkin dihadapi dan diselesaikan sendiri, tetapi harus dilakukan bersama-sama dengan pihak lain melalui upaya-upaya kolaboratif inovatif,” kata Bambang dalam Dialog Pendidikan dan Halal Bihalal Dewan Pendidikan Kota Semarang (DPKS) di aula SMP Negeri 5 Semarang, Kamis (11/5)

Menurut Bambang, DPKS merupakan merupakan mitra strategis, selama ini telah memberikan kontribusi yang sangat besar dalam upaya meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di ibukota Jawa Tengah, terutama saat berlangsungnya pandemi covid 19 beberapa waktu lalu.

Dinas Pendidikan tegas dia, akan pro aktif dan menginisiasi dalam mewujudkan kolaborasi dengan DPKS melalui berbagai forum, termasuk forum-forum formal atau pertemuan-pertemuan tidak formal untuk menggali berbagai gagasan untuk memajukan dunia pendidikan di kota Semarang.

Sementara itu, Ketua DPKS Dr Drs Budiyanto SH, M.Hum mengatakan, posisi Indonesia dalam data peringkat kualitas dan mutu pendidikan pada level dunia masih memprihatinkan, dari peringkat pertama hingga 70 Indonesia belum ada di dalamnya.
“Karena itulah, mari dari skala yang kecil dan terbatas pada lingkup kota Semarang, kita semua melakukan upaya-upaya mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan bermutu,” kata Budiyanto.

ads

Menurutnya, tantangan dunia pendidikan nasional memang tidak ringan. Pada satu sisi pemerintah sebagai pengemban amanat konstitusi untuk mencerdaskan anak bangsa kemampuannya sangat terbatas.

Sehingga, lanjutnya sangat sulit dalam mewujudkan amanat itu. Karena itulah peran masyarakat sangat dibutuhkan agar amanat konstitusi yakni mencerdaskan bangsa sebagai bagian dari tujuan Indonesia merdeka dapat terpenuhi.
“DPKS merespon positif, inisiasi dan prakarsa Bapak Plt Dinas Pendidikan Kota Semarang, pak Bambang, mari kita atur waktu untuk menyiapkan langkah-langkah inovatif itu,” ujarnya (af).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!