- iklan atas berita -

MetroTimes (Magelang) Salah satu tugas Bhabinsa di wilayah adalah membina masyarakat yang ada di wilayah teritorialnya. Membina masyarakat dalam arti yang luas yaitu melakukan pembinaan, pemantauan, penggalangan dan membantu mengatasi kesulitan yang dihadapi warganya.

Bisa saja babinsa menjadi tempat mengadu masyarakat terkait hal-hal yang kecil ataupun yang berdampak pada situasi kamtibmas secara nasional. Bhabinsa dituntut untuk dapat memetakan kondisi teritorialnya. Setiap saat pemetaan diaktualkan sehingga jika terjadi sesuatu di wilayah bisa diketahui dengan cepat.

Komunikasi menjadi sangat penting dilakukan oleh seorang bhabinsa terhadap masyarakat binaannya. Hal itu diperlukan karena dengan kedekatan masyarakat, seorang bhabinsa akan bisa mendapatkan informasi yang akurat dan tepat waktu.

Seperti yang dilaksanakan Serda Suryadi, Bhabinsa di Koramil Srumbung Kodim 0705/Magelang. Serda Suryadi selalu aktif melaksanakan anjangsana ke warga binaan, seperti yang dilakukan beberapa hari yang lalu, Serda Suryadi melaksanakan anjang sana rumah Mulyono (56).

Mulyono merupakan warga Dusun Cungkup, Desa Banyuadem, Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang yang sehari-harinya berprofesi sebagai petani.

ads

Serda Suryadi mengatakan, kegiatan anjangsana dan silaturahmi ini selain untuk memperoleh informasi dari warga juga sebagai sarana mempererat tali silaturahmi dan kerjasama yang baik dalam rangka mendukung tugas pokok Bhabinsa serta terwujudnya Kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

“Dalam menjalankan tugas pokoknya, bhabinsa adalah ujung tombaknya satuan di lapangan, sehingga semua kegiatan yang dilaksanakan selalu bersentuhan langsung dengan masyarakat” terang Suryadi.

Selain itu, kegiatan anjangsana ini bertujuan untuk mempererat hubungan dengan warga masyarakat, sehingga sasaran pembinaan teritorial dapat tercapai secara optimal.

Suryadi menghimbau kepada warganya agar senantiasa menjaga situasi dan kondisi agar kententeraman dan kedamaian dalam kehidupan dapat terjaga.

Dalam menghadapi tahun politik, bhabinsa mengharap agar seluruh warga bisa melaksanakan dan menggunakan hak demokrasinya sesuai dengan hati nurani dengan berpikir yang jernih dan menghindari praktek-praktek kotor. Sehingga pemimpin yang didapat nantinya akan menjadi pemimpin yang bermartabat dan bermoral. (Arif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!