- iklan atas berita -

 

Metro Times (Surabaya) – Serangkaian acara Puncak Hari Koperasi Provinsi Jawa Timur ke 72 yang diawali dengan berbagai lomba bertemakan koperasi dan ukm, sarasehan, pagelaran wayang kulit serta koperasi peduli akan ditutup dengan dibukanya pelaksanaan pameran Koperasi & UMKM Expo 2019 pada tanggal 7 Agustus 2019 di Grand City, Surabaya.

Pameran produk unggulan terbesar di Jawa Timur siap hadir dengan melibatkan 38 Kabupaten/Kota dari seluruh Jawa Timur serta 10 provinsi lain yang terlibat, BUMD, dan beberapa UKM Mandiri. Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Koperasi dan UKM mendukung penuh terlaksananya acara ini serta bersinergi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan OPD lain yang turut berpartisipasi dalam acara ini.

Merupakan kali ke-7 pelaksanaan Koperasi dan UMKM Expo 2019, dengan semangat baru mengangkat tema “Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0” harapannya tema ini dapat memberikan edukasi dan wadah bagi seluruh Koperasi dan UMKM yang ada di Jawa Timur untuk selalu siap menghadapi revolusi industri 4.0 yang semakin mengedepankan Digitalisasi.

ads

Mengingat pentingnya keberadaan Koperasi dan UMKM untuk mendorong kesejahteraan masyarakat, pameran ini merupakan wadah terbaik untuk memperkenalkan dan membuktikan eksistensi Koperasi dan UMKM yang ada di Jawa Timur.

“Harapannya dengan diadakannya acara ini, akan membuka kesempatan Semakin banyak koperasi dan umkm yang mendapatkan relasi konsumen maupun buyer di lingkup nasional dan internasional sehingga dapat dapat ikut mendorong pertumbuhan ekonomi di sektor perdagangan”  ucap Achmad Basuki, selaku Kepala Bidang Pemasaran Dinas Koperasi & UKM Provinsi Jawa Timur.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur juga turut memeriahkan dengan menyuguhkan acara Festival Kopi Jawa Timur 2019 pada outdoor space yang akan mengusung berbagai kompetisi kopi seperti  Coffee Roasting Competition  dan  Innovative Product Competition. Selain itu, juga akan ada talkshow inspiratif tentang perkembangan bisnis kopi khususnya Jawa Timur dengan mengundang beberapa pembicara dari berbagai bidang, mulai dari pemerintahan, lembaga penelitian seperti Puslitkoka dan Coffeepreneur.
“Festival Kopi pada tahun ini lebih fokus kepada proses pengolahan kopi (roastery dan inovasi produk). Festival kopi kali ini diharapkan mampu menghadirkan IKM kopi terbaik Jawa Timur serta menyajikan berbagai hasil kreatifitas dalam membuat olahan kopi,” jelas Heri Wiriantoro selaku Kepala Bidang Industri Agro Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur

Terdapat serangkaian acara menarik yang meramaikan pameran The 7th Koperasi dan UMKM Expo dan melibatkan seluruh asosiasi binaan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur. Tahun ini, juga akan ada kembali konsep City Of Charm yang akan melibatkan Kabupaten Lamongan dengan membawakan berbagai produk khas dan program acara menarik. Tidak hanya lembaga pemerintahan, acara ini juga bersinergi dengan berbagai e – commerce seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, dan juga Go-Jek Indonesia yang mensupport penuh acara ini.

Harapannya adanya sinergi dengan e commerce dan digital platform ini, dapat memberikan dampak positif secara langsung terhadap perkembangan UMKM di era revolusi industri 4.0. Berbagai program menarik juga disiapkan untuk mengedukasi masyarakat mengenai deklarasi “Bela dan Beli Produk UMKM” yaitu, pencanangan Hari Belanja Online Produk UMKM Nasional yang akan diresmikan oleh Ibu Gubernur Jawa Timur, dilanjutkan dengan Kelas Pelatihan UMKM berbasis digital dan berbagai talkshow inspiratif mengenai perkembangan digital masa kini.

“Pameran Koperasi & UMKM Expo 2019 kali ini tentunya berbeda dari pameran sebelumnya. Tahun ini tema pameran lebih menekankan pada “Revolusi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0”. Harapannnya di sini, pameran Koperasi dan UMKM Expo 2019 menjadi wadah bagi seluruh umkm Jawa Timur agar dapat mengembangkan usahanya untuk lebih melek digital dan mampu menghadapi revolusi industri 4.0.” jelas Yusuf Karim Ungsi, selaku Direktur Utama PT. Amara Satu Raya.

Pameran UMKM terbesar ini juga bekerjasama dengan Asosiasi binaan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur yang siap menyuguhkan berbagai program acara menarik mulai dari talkshow, fashion show dan berbagai workshop menarik yang dapat memberikan edukasi dan manfaat bagi masyarakat khususnya Jawa Timur. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!