- iklan atas berita -

MetroTimes (Magelang) Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP didampingi Dandim 0705/Magelang Letnan Kolonel Inf Hendra Purwanasari melepas Pleton Beranting Yudha Wastu Pramukha Jaya Etape VIII di Lapangan Tembak Akmil Plempungan Magelang, Senin (18/12).

Bupati Magelang bertindak sebagai Perwira Pengawas pada upacara serah terima pleton YWPJ Etape VII kepada Etape VIII.

Gerak jalan pleton beranting YWPJ 2017 yang merupakan rangkaian peringatan HJK ini, mengambil titik start di Kabupaten Sragen, Solo, Klaten, Sleman, Magelang, Wonosobo dan finish di Kutoarjo. Sedangkan di wilayah Kabupaten Magelang pleton beranting YWPJ melewati wilayah Kecamatan Salam, Ngluwar, Muntilan, Borobudur, Salaman dan Kajoran.

Dalam amanatnya Bupati Zainal Arifin mengajak kita semua untuk meneladani dan mencontoh apa yang sudah dilakukan oleh Panglima Besar Jenderal Soedirman

ads

Perjuangan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yang dipimpin Jenderal Soedirman pada pertengahan Desember 1945 membuat tentara sekutu terjepit dan akhirnya mundur dari Ambarawa menuju Semarang, walaupun dengan seluruh kekuatan persenjataan serta kemampuan taktik dan strategi sekutu, para pejuang tetap melancarkan serangan dengan gigih, melakukan pengepungan secara ketat di semua penjuru kota, sehingga sekutu benar-benar terkurung.

TNI AD memperingati tanggal 15 Desember untuk setiap tahun sebagai Hari Infanteri dan berdasarkan Keputusan Presiden RI No.163 Tahun 1999, Hari Infanteri kemudian diganti dengan nama Hari Juang Kartika

Bupati Magelang yang hadir bersama jajaran serta para Komandan Satuan yang ada di Magelang juga menyaksikan prosesi serah terima simbol pleton beranting YWPJ.

“Saya bangga dengan TNI AD, semoga bersama rakyat, TNI AD semakin kuat” terang Bupati seusai pelepasan Etape VIII Tonting YWPJ.

Tonting YWPJ Etape VII merupakan jalur yang perjalanannya malam hari, pesertanya adalah pasukan dari Batalyon Infanteri Mekanis 411/K. Sedangkan Etape VIII merupakan route dengan yang cukup berat dengan berbagai tanjakan di wilayah Kaliabu, hingga memasuki Wonosobo. Peserta pada Etape VIII adalah pleton dari Yonif 408 / Raider.

Enam jam sebelumnya tepatnya pada tanggal 18 Desember 2017 Kapolres Magelang AKBP Hary Purnomo melepas Ton YWPJ etape ke VII di halaman Kantor Kecamatan Salam.

Selesai upacara serah terima simbol pleton YWPJ di Lapangan tembak, Bupati, Dandim, Kapolres dan Danyonarmed melaksanakan penanaman pohon di sekitar lokasi upacara. (Arif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!