- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Dinas Kependudukan dan Pencatatan SIpil (Dindukcapil) Kabupaten Purworejo menerapkan pelayanan baru berupa tanda tangan elektronik menggunakan barcode. Dengan adanya system tersebut, dua layanan kependudukan kini dapat diurus lebih cepat tanda menunggu cap basah.

Kedua layanan itu yakni untuk akta kelahiran dan kartu keluarga. Bahkan pengurusan ini, cukup diselesaikan di tingkat kecamatan.

Kepala Dindukcapil Kabupaten Purworejo, Dr Akhmad Kasinu MPd, system baru tersebut telah diterapkan sejak Maret 2019.

“Purworejo sudah menerapkan tandatangan elektronik. Ini sangat membantu masyarakat,” katanya, Jumat (24/5).

Dijelaskan, jika dahulu untuk pengesahan akta kelahiran dan kartu keluarga harus ditandatangani dan cap basah, sekarang hanya dicantumkan barcode saja. Barcode ini dapat dilihat melalui handphone yang mendukung.

ads

“Jadi tidak perlu ada cap atau saya harus tandatangan langsung. Yang dicantumkan hanya barcode saja,” jelasnya.

“Sistem ini tergantung kepada jaringan internet. Tapi insyallah semua bisa cepat,” imbuh Kasinu.

Menurut Kasinu, pelayanan baru tersebut memang menjadi salah satu kebijakan dari pemerintah pusat. Namun, belum semua daerah menerapkannya karena bergantung pada kesiapan sumber daya manusia serta sarana pendukung.

“Di Purworejo kita terus mengikuti perkembangan dari Pusat. Karena kami ingin memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat,” ungkapnya.

Masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan mudahnya layanan kependudukan itu. Kasinu juga mengajak masyarakat sadar administrasi kependudukan sehingga saat dibutuhkan, data itu sudah ada.

“Jangan menunda melengkapi data kependudukan. Tidak ada biaya dan jangan meminta bantuan orang lain yang bisa berujung munculnya biaya,” tandasnya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!