- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Sebuah batu berbentuk mirip kepala Gajah ditemukan oleh wisatawan dari Jepang di dalam Goa Seplawan Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo, Kamis (27/6) siang. Belum diketahui secara pasti apakah itu adalah batu atau fosil gajah purba (Mammoth). Namun, penemuan tersebut langsung membuat warga berdatangan untuk melihat lebih dekat.

Profil mirip kepala gajah itu ditemukan kali pertama oleh Jarot Mahardika (31), warga Negara Indonesia yang menetap di Jepang, saat berwisata bersama 2 orang temannya dan 1 guide warga setempat. Jarot melihat batu tersebut di dinding goa dengan ketinggian sekitar 3 meter, setelah sebelumnya melakukan konsentrasi beberapa menit di area meditasi, tidak jauh dari tangga turun di mulut goa.

“Saya ke goa ini untuk berwisata, kebetulan tadi ada urusan bisnis kambing dan kopi dengan Mas Totok di Donorejo,” kata Jarot.

Awalnya Jarot sempat ragu terhadap apa yang dilihatnya. Ia pun memastikan dengan menanyai 2 orang temannya, satu bernama A.H Lubis yakni warga indonesia yang menetap di Jepang dan satu orang asal Indonesia bernama Anshar Sadani Jagid.

ads

“Saya tanya kepada dua teman saya, ternyata mereka juga menyatakan itu mirip gajah,” jelasnya.

“Guide saya, Mas Waluyo, yang warga sini saya tanya juga menyatakan mirip gajah,” imbuhnya.

Informasi penemuan tersebut pun cepat menyebar ke telinga warga. Sejumlah media yang mengetahui langsung mendatangi lokasi.

Hasil pengamatan metrotimes di lokasi, batu unik mirip kepala gajah tersebut tampak jelas saat dilihat dari sisi kanan dengan adanya bentuk belalai, bekas gading, dan lubang mata. Sementara dari sisi kanan, batu tersebut lebih pipih tanpa ada guratan yang membentuk kepala gajah.

Kaur Keuangan Desa Donorejo, Sorok Didik Baskoro, turut mendatangi lokasi. Saat dikonfirmasi bersama petugas Polsek Kaligesing, Didik membenarkan penemuan tersebut.

“Setelah mendapat informasi, saya langsung kesini. Setelah saya cek ternyata benar, ada batu mirip gajah. Memang belum terlihat badannya, tapi belalainya sangat jelas, kemudian ada matanya kalau kita sinar atau lampu,” sebutnya.

Meski demikian, Didik tidak berani memastikan apakah temuan tersebut hanyalah batuan biasa atau fosil gajah purba. Pihaknya atas nama Pemerintah Desa Donorejo berharap, temuan itu dapat segera ditindaklanjuti dengan pengecekan oleh dinas atau instansi terkait.

“Siapa tahu ini memang fosil yang memang umurnya sudah jutaan tahun di dalam Goa Seplawan ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Purworejo, Agung Pranoto, saat dikonfirmasi menyebut bahwa bebatuan di dalam goa bisa berbentuk atau mirip apa saja. Namun, terkait penemuan tersebut, pihaknya menyatakan akan segera melakukan pengecekan.

“Terima kasih informasinya. Kita cek segera,” katanya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!