- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Sebanyak 200 orang yang tergabung dalam Kontingen Kabupaten Purworejo untuk Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVI Jawa Tengah 2023 menjalani pengukuhan dan pelepasan di Pendopo Kabupaten Purworejo, Sabtu (29/7). Mereka bakal berlaga dalam 24 cabang olahraga (Cabor) dengan 106 nomor pertandingan mulai 5 hingga 11 Agustus 2023 di wilayah Pati Raya Jawa Tengah.

Pengukuhan dan pelepasan kontingen ditandai dengan prosesi penyerahan bendera pataka oleh Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM kepada Ketua Kontingen Porprov Jateng XVI Kabupaten Purworejo Muhammad Abdullah. Dalam kesempatan itu juga dilakukan pembekalan kepada seluruh atlet oleh Ketua DPRD Kabupaten Purworejo, Dion Agasi Setiabudi SIKom MSi, yang rencananya akan menjadi pembawa bendera pataka pada upacara pembukaan Porprov Jateng XVI di Pati Raya. Motivasi juga diberikan oleh dan motivasi oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Purworejo Kelik Susilo Ardani.

Hadir Jajaran Forkopimda Purworejo, Sekda Said Romadhon, Kepala Dinas Porapar Kabupaten Purworejo Stepanus Aan Isa Nugraha, Ketua KONI Purworejo Sumaryanto bersama pengurus, para official dan pelatih.

“Atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Purworejo, saya ucapkan selamat kepada para atlet dan official yang dikukuhkan sebagai kontingen Kabupaten Purworejo dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVI Jawa Tengah. Kalian merupakan atlet-atlet pilihan di antara ratusan ribu penduduk Kabupaten Purworejo. Sehingga sudah selayaknya para atlet merasa bangga dapat bertanding membawa nama Purworejo, dengan menunjukkan dedikasi secara maksimal agar meraih prestasi terbaik dalam Porprov Jawa Tengah,” kata bupati.

ads

Menurutnya, sudah menjadi komitmen bersama bahwa olahraga perlu terus ditingkatkan kualitasnya karena olahraga merupakan sarana pembinaan karakter bangsa yang tidak terbatas pada aspek fisik saja, melainkan juga memiliki pengaruh signifikan terhadap aspek mental. Olahraga bukan hanya menjadikan seseorang tumbuh dengan sehat dan kuat, melainkan juga dapat menjadikan seseorang sebagai insan yang berprestasi, kreatif, berbudaya, menghargai cipta, rasa dan karsa.

“Harus disadari bahwa para atlet yang tergabung dalam kontingen ini merupakan duta dari Kabupaten Purworejo, sehingga harus mampu menunjukkan citra positif selama mengikuti pertandingan, jaga nama baik diri serta daerah,” ungkapnya.

“Saya juga berharap kepada para atlet untuk bertanding dengan sungguh-sungguh dalam meraih prestasi yang terbaik. Jaga kondisi fisik agar senantiasa dalam keadaan bugar dan fit, sehingga dapat bertanding secara maksimal. Dalam kompetisi, kemenangan tentulah menjadi harapan yang ingin diraih, namun saya berpesan agar tekad untuk meraih juara juga harus dilandasi nilai-nilai sportivitas. Apapun hasil yang diperoleh dalam kejuaraan ini patut disyukuri dan jadikan sebagai kesempatan dalam menambah pengalaman bertanding,” imbuh bupati menandaskan.

Ketua Kontingen Porprov yang juga Wakil Ketua Komisi 4 DPRD Kabupaten Purworejo, Muhammad Abdullah, menyebut ada sebanyak 200 orang yang tergabung dalam kontingen Kabupaten Purworejo tahun 2023. Jumlah itu terdiri atas 106 atlet, 50 official, 34 pelatih, dan 10 tenaga medis.

“Mereka akan bertanding selama 7 hari mulai tanggal 5 sampai 11 Agustus 2023 di Pati Raya. Kemudian ada yang bertanding lebih dahulu, tapi secara umum Porprov itu berlangsung mulai tanggal 5 hingga 11 Agustus,” sebutnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa dalam Porprov Jateng XVI nanti ada 71 Cabor dengan 837 nomor pertandingan. Kabupaten Purworejo akan berlaga pada 24 cabang olahraga dengan 106 nomor pertandingan.

“Target kita minimal dapat memperoleh 9 medali emas, 10 perak dan 14 medali perunggu,” ungkapnya.

Terkait persiapan, lanjut Abdullah, secara umum kesiapannya sudah baik, atlet sudah berlatih secara intens mulai awal tahun sehingga diharapkan saat bertanding nanti bisa dalam kondisi yang prima, kondisi yang fit sehingga mampu menunjukkan permainan terbaiknya yang ujungnya menghasilkan prestasi terbaik untuk Purworejo.

“Pertama kami meminta doa restu kepada seluruh warga di Kabupaten Purworejo agar kontingen kita mampu menunjukkan semangat yang tinggi kemudian menghasilkan prestasi yang tinggi, dan kepada segenap atlet kita harapkan memiliki motivasi dan spirit bertanding yang tinggi, kemudian mampu menunjukkan permainan terbaiknya yang pada ujungnya akan membawa harum dan nama baik Purworejo di kancah Provinsi Jawa Tengah,” tegasnya.(Dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!